Kompetensi Interpersonal Siswa Program Khusus dan Siswa Regular di SMP Batik Program Khusus Surakarta dan SMP Batik Surakarta Tahun 2016/2017
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Perbedaan kompetensi
interpersonal siswa Program Khusus dengan siswa Reguler di SMP Batik
surakarta dan SMP Batik Program Khusus Surakarta tahun 2016/2017. 2)
Membandingkan tingkat kompetensi interpersonal siswa program khusus dan
regular di SMP Program Khusus dan SMP Batik Surakarta. 3) Tingkat kompetensi
interpersonal siswa Program Khusus. 4) Tingkat kompetensi interpersonal siswa
regular. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausal komparasi dengan
penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Batik Surakarta dan siswa kelas VIII SMP
Batik Program Khusus Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diambil
adalah sebanyak 84 siswa dengan teknik pengambila Propotional Random
Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi.
Angket sebelumnya di uji cobakan dan di uji validitas serta reliabilitas. Teknik
analisis data yang digunakan adalah T test dua sampel dengan bantua program
SPSS 21.00 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan
antara siswa program khusus di SMP Batik Program Khusus Surakarta dengan
siswa yang menempuh program reguler di SMP Batik Surakarta. Siswa yang
menempuh pendidikan Program Khusus memiliki mean sebesar 153,05 sedangkan
siswa yang menempuh pendidikan program reguler memiliki mean sebesar
137,41dengan taraf signifikansi 0,002 (P<0,05) berdasarkan hasil tersebut
hipotesis diterima atau terbukti.