Penerapan Kebijakan Full Day School terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan kebijakan
full day school dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa, faktor pendukung
dan penghambat penerapan kebijakan full day school dan perananya kebijakan full
day school terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif dengan subjek pengelola full day school, guru ekonomi kelas X full day
school dan siswa kelas X ful day school MAN 1 Surakarta. Teknik pengumpulan
data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan
dengan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: (1) Penerapan kebijakan full day school dalam upaya peningkatan hasil
belajar siswa di MAN 1 Surakarta adalah sebagai berikut: (a) Kurikulum yang
diterapkan di MAN 1 Surakarta adalah kurikulum 2013 yang dikembangkan
menjadi berbasis laboratorium dimana ada kegiatan life skill yang diterapkan
secara integral. (b) Menjalin kerja sama dengan lingkungan sekitar dalam program
pembelajaran serta melibatkan siswa dalam interaksi sosial seperti: kegiatan
kunjungan ke perguruan tinggi, primagama, GO, smartgama dan lembaga bahasa
inggris. (2) Faktor pendukung penerapan kebijakan full day school di MAN 1
Surakarta adalah SDM yang sudah cukup memadai serta adanya keterpaduan
anatara sekolah, orang tua dan lingkungan. Faktor penghambat penerapan
kebijakan full day school di MAN 1 Surakarta adalah kurangnya sarana dan
prasarana seperti ruang kelas dan belum adanya laboratorium untuk kelas IPS. (3)
Peran kebijakan full day school terhadap hasil belajar siswa di MAN 1 Surakarta
adalah terlihat dari peningkatan nilai siswa setiap semester. Dengan demikian
penerapan kebijakan full day school memiliki peranan yang penting dalam
meningkatkan hasil belajar siswa.