Show simple item record

dc.contributor.authorAzizah, Rizki Nur
dc.date.accessioned2017-07-17T06:28:43Z
dc.date.available2017-07-17T06:28:43Z
dc.date.issued2017-05-24
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Arifin, Zaenal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Bagiyono. (2012). Evaluasi Kualitas Soal Ujian Pelatihan Radiografi. Diakses pada 21 Desember 2016 pada http://jurnal.batan.go.id/index.php/ widyanuklida/article/view/2095 Hasanah, Izzatul. (2013). Analisis Butir Soal Ulangan Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Fisika Kelas X Sekolah Menegah Atas Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Diakses pada 07 Oktober 2016 pada https://eprints.uns.ac.id/12484/. Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Muti Pressindo. Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana. Widoyoko, Eko Putro. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.in_ID
dc.identifier.issn2503‐4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8890
dc.description.abstractPenilaian adalah komponen terpenting dalam proses belajar mengajar. Namun beberapa guru kurang memperhatikan cara menyusun soal dengan baik. Penelitian ini untuk mengevaluasi soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan menggunakan desain penelitian non-eksperimen. Populasi yang digunakan adalah seluruh SMA Swasta Surakarta dengan jumlah populasi 9 SMA Swasta Surakarta. Pemilihan sampel dengan cara purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan dokumentasi berupa lembar jawab siswa, soal ujian dan kunci jawaban. Hal yang akan diteliti dalam butir soal berupa validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Serta analisis kesesuaian soal dengan Standar Kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran Ekonomi kelas XII. Analisis dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment Pearson dengan menggunakan SPSS v 24.0. Hasilnya Microsoft Office Excel digunakan untuk menghitung statistik keandalan. Temuan ini menunjukkan bahwa untuk mengukur kinerja siswa secara efektif, perlu dilakukan perbaikan bila item dengan kualitas buruk harus ditinjau ulang. Hasil penelitian menunjukkan, (1) validitas soal Ekonomi menghasilkan 96% valid, soal Akuntansi paket A 86,67%, dan soal Akuntansi paket B sebesar 80%; (2)Soal Ekonomi, Akuntansi paket A dan B reabilitasnya menunjukkan keseluruhan soal memiliki kategori reabilitas tingkatan sedang dengan koefisien 0,40 < R hitung < 0,70 masing-masing pad rentan koefisien 0,495; 0,405; dan 0,535; (3) tingkat kesukaran butir soal Ekonomi secara keseluruhan adalah 28% sukar, 56% sedang, dan 16% mudah; soal Akuntansi paket A memiliki tingkat kesukaran 20% sukar, 73,3% sedang, 6,7% mudah; dan soal Akuntansi paket B 20% sukar, 80% sedang dan 0% mudah; (4) daya pembeda soal Ekonomi adalah 24% sangat memuaskan, soal Akuntansi paket A 20% sangat memuaskan, dan soal Akuntansi paket B memiliki daya pembeda 60% sangat memuaskan; (5) kesesuaian dengan SK dan KD soal Ekonomi tidak sesuai secara keseluruhan; soal Akuntansi paket A 10 soal sesuai; soal Akuntansi paket B 8 yang sesuai.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectevaluasi pembelajaranin_ID
dc.subjectkualitas butir soalin_ID
dc.titleAnalisis Butir Soal Pilihan Ganda Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun 2016/2017 Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII di SMA Swasta Se-Surakartain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record