Peran Guru Akuntansi Berkreativitas dan Motivasi Belajar Siswa dalam Implementasi Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara
Abstract
Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran kreativitas guru
akuntansi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jika terdapat
pengaruh,kreativitasguru apa saja yang diterapkan dalam pengajaran (menurut
prespektif (siswa) dan aktivitas siswa apa saja dalam memotivasi untuk meningkatkan
prestasi belajar (menurut prespektif guru) dengan mengimplementasikan kurikulum
2013. Jenis penelitian ini adalah menggunakan mixed method model concurrent
embedded (campuran tidak berimbang) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif
asosiatif (70%) dan kualititatif (30%). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2Klaten Utara dengan jumlah 93 siswa.
Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data yang
diambil diperoleh melaluikajian dokumen, wawancara dan angket. Teknik analisis:
untuk data kuantitatifmenggunakan uji analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F,
sedangkan data kualitatif menggunakan analisis kualitatif deskriptif.