Kepedulian Lingkungan dalam “Nusantara Bertutur”: Bentuk Penguatan Karakter dan Ekoliterasi melalui Sastra Anak
Abstract
Penguatan ekoliterasi dan karakter pada anak dapat dilakukan melalui media sastra anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakter kepedulian lingkungan hidup yang
terdapat dalam kumpulan dongeng “Nusantara Bertutur” serta mengidentifkasi bentuk penguatan
ekoliterasi melalui sastra anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
pengumpulan data melalui teknik baca, teknik catat, dan riset kepustakaan. Data kemudian
dianalisis dengan Teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Berdasarkan kajian terhadap sembilan dongeng yang terdapat dalam “Nusantara
Bertutur” dapat dideskripsikan bentuk interaksi tokoh terhadap lingkungannya ke dalam tiga
bentuk, yakni pelukisan latar lingkungan oleh tokoh, perbuatan tokoh terhadap lingkungan, dan
pemikiran tokoh terhadap lingkungan. Ketiga bentuk interaksi tokoh terhadap lingkungannya ini
membuktikan bahwa sastra dekat dengan lingkungan. Bentuk penguatan ekoliterasi yang dapat
diterapkan bagi anak adalah kemampuan dalam membaca dan menulis tentang lingkungan sekitar
sebagaimana telah ditulis sastra tersebut oleh penulis dalam “Nusantara Bertutur”.