Implementasi Model Pembelajaran Think Talk Write dengan Media Audio Visual Cagar Budaya Candi Sukuh untuk Meningkatkan Minat, Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Tujuan utama dari peneltian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa
terhadap pembelajaran sejarah yang ada di SMA Negeri Jumapolo khususnya kelas XI IPS 3
dengan mengunakan model kooperatif tipe Think Talk Write yang dipadukan dengan pengunaan
media audio visual yang bertemakan Candi Sukuh. Metode penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (Classroom Action Research) terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 SMA Negeri
Jumapolo dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,
observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik
analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian pada aspek minat belajarnya
diperoleh hasil secara keseluruhan pada minat siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 3.17
kemudian sempat turun pada siklus II dengan perolehan 3.11 akibat dari kuarang kondusifnya
kegiatan pembelajaran, akan tetapi pada siklus III peneliti dan siswa sudah mulai tertata dan
terkendali sehingga mengalami peningkatan sebesar 3.33. Sedangkan pada hasil belajar di
peroleh hasil ketuntasan pada siklus I sebesar 38.89%, siklus II 72.22% dan pada siklus III
sebesar 88.89% jadi secara keseluruhan mengalami peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa
penelitian dengan mengunakan Think Talk Write bermediakan Audio Visual candi Sukuh dapat
meningkatkan Minat dah hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 Sma Negeri Jumapolo.