• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kepekaan Literer-Teori-Metode dalam Penelitian Sastra: Upaya Peningkatan Kemampuan Penyusunan Usulan Penelitian Sastra

    Thumbnail
    View/Open
    i35.pdf (374.1Kb)
    Date
    2017-04-04
    Author
    Hudayat, Asep Yusup
    Gantrisia, Kamelia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tidak mudah bagi mahasiswa yang kurang peka secara literer dan teoretis untuk menemukan masalah dalam kegiatan penelitian sastra ketika berhadapan dengan objek materialnya (karya). Adakalanya mahasiswa menentukan begitu saja sebuah karya sastra yang akan digunakan dalam penelitiannya untuk kemudian menyusun tujuan penelitian dan landasan teoretisnya. Kondisi demikian mengakibatkan mahasiswa begitu sulit secara mendasar menguraikan alasan-alasan ilmiahnya, baik menyangkut pentingnya objek untuk diteliti, masalah-masalah yang ditemukan untuk dipecahkan, tujuan penelitian yang akan dicapai, serta pembicaraan landasan teoretis dan metode sebagai alat bagi pemecahan masalah, pengolahan data, dan penganalisisan data. Akan tetapi, bagi mahasiswa yang memanfaatkan kepekaan literer dan kemampuan teoretisnya secara baik, mahasiswa akan mampu menemukan dan menghimpun masalah-masalah yang penting untuk diteliti disertai alasan-alasan ilmiahnya. Idealnya, proses pemahaman dan penemuan masalah diawali dengan proses pembacaan atas karya sastra yang dilandasi paradigma pembacaan (teori atau pendekatan) tertentu secara cermat dan memadai. Permasalah-permasalahan yang dipilihnya mengindikasikan kepekaan mahasiswa terhadap potensi teks karya sastra, pemahaman mahasiswa terhadap teori, dan kemampuan memilihmetodenya. Pemahaman-pemahamannya dapat dijejak melalui kemampuan mahasiswa dalam menjabarkan permasalahannya pada penyusunan rancangan usulan penelitian. Dengan demikian, makalah ini penting dalam memberi ilustrasi atas kendala-kendala yang dihadapi para mahasiswa yang akan menyusun proposal penelitian bidang kajian utama sastra.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8933
    Collections
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV