Show simple item record

dc.contributor.authorZakiyah, Millatuz
dc.date.accessioned2017-07-19T03:11:39Z
dc.date.available2017-07-19T03:11:39Z
dc.date.issued2017-04-04
dc.identifier.citationBloom’s Taxonomy, (Online), (http://eduscapes.com), diakses tanggal 16 April 2012. Cayanti, AA. 2011. Penggunaan Metode Shopping Post to Post untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Kualitas Hasil Pembelajaran Menulis Makalah Siswa Kelas XI IPA SMA Widyagama Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM. Facione, P. 2011. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. (Online), (http://www. insightassessment.com), diakses tanggal 16 April 2012. Hajarianti, D. 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Proposal dengan Menggunakan Strategi TABIB (Tahu, Apa, Bagaimana, Ingin, dan Belajar) Siswa Kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM. Ifadah, N. 2009. Metodologi Penulisan Ilmiah, Catatan Minngu ke-2, (Online), (http://http:// noorifada.wordpress.com), diakses tanggal 30 April 2012. Irani, dkk. 2007. Critical Thinking Instrumentation Manual.(Online), (http://aec.ifas.ufl.edu/ abrams/step/ctmanual.pdf), diakses tanggal 20 September 2011. Muslich, M. 2010. Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Pannen, P, & Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antaruniversitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Intruksional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi. Rofi’uddin, A. 2000. Model Pendidikan Berpikir Kritits. Tim Pengembangan Jurnal Universitas Negeri Malang. Santoso, A. 2011. Hambatan Siswa Kelas XI Bahasa MAN 3 Malang dalam Menulis Artikel. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM. Santoso, I. 2008. Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Lumajang dengan Menggunakan Strategi 3 M (Mengumpulkan Bahan, Menulis, Menyunting). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM. Widyartono, D. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bahasa Indonesia dengan Web Interaktif. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.in_ID
dc.identifier.issn2549-5607
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8941
dc.description.abstractBerpikir kritis merupakan salah satu kemampuan penting dalam kelangsungan keseharian siswa. Berpikir kritis dapat dikembangkan melalui pembelajaran bahasa dalam menulis karya ilmiah. Kemampuan ini belum dikembangkan dan kemampuan siswa dalam berpikir kritis masih rendah. Oleh karena itu, bahan ajar berpikir kritis melalui menulis karya ilmiah ini perlu dikembangkan. Prosedur penelitian ini adalah analisis pendahuluan, analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, penulisan dan penyusunan bahan ajar, pengujian produk, revisi, dan produk akhir. Data dalam penelitian ini berupa data verbal dan nonverbal yang dianalisis dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Subjek coba penelitian ini adalah ahli penulisan bahan ajar, ahli pembelajaran menulis karya ilmiah, guru, dan siswa. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar. Komponen berpikir kritis meliputi aplikasi, analisis, inferensi, evaluasi, dan sintesis. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu (1) penyempurnaan produk, (2) kemenarikan produk, dan (3) efektivitas produk. Hasil pengembangan dan penelitian dapat disimpulkan bahwa pada penyempurnaan produk diperoleh data bahwa bahan ajar ini termasuk kategori sangat valid. Pada kemenarikan bahan ajar diperoleh data bahwa bahan ajar ini cukup menarik. Pada efektivitas produk diperoleh data bahwa bahan ajar ini efektif digunakan. Berdasarkan hasil uji coba dilakukan revisi terhadap isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan bahan ajar.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectBahan ajar berpikir kritisin_ID
dc.subjectberpikir kritisin_ID
dc.subjectmenulis karya ilmiahin_ID
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Kelas XI SMA/Sederajatin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record