dc.contributor.author | Zakiyah, Millatuz | |
dc.date.accessioned | 2017-07-19T03:11:39Z | |
dc.date.available | 2017-07-19T03:11:39Z | |
dc.date.issued | 2017-04-04 | |
dc.identifier.citation | Bloom’s Taxonomy, (Online), (http://eduscapes.com), diakses tanggal 16 April 2012. Cayanti, AA. 2011. Penggunaan Metode Shopping Post to Post untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Kualitas Hasil Pembelajaran Menulis Makalah Siswa Kelas XI IPA SMA Widyagama Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM. Facione, P. 2011. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. (Online), (http://www. insightassessment.com), diakses tanggal 16 April 2012. Hajarianti, D. 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Proposal dengan Menggunakan Strategi TABIB (Tahu, Apa, Bagaimana, Ingin, dan Belajar) Siswa Kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM. Ifadah, N. 2009. Metodologi Penulisan Ilmiah, Catatan Minngu ke-2, (Online), (http://http:// noorifada.wordpress.com), diakses tanggal 30 April 2012. Irani, dkk. 2007. Critical Thinking Instrumentation Manual.(Online), (http://aec.ifas.ufl.edu/ abrams/step/ctmanual.pdf), diakses tanggal 20 September 2011. Muslich, M. 2010. Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Pannen, P, & Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antaruniversitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Intruksional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi. Rofi’uddin, A. 2000. Model Pendidikan Berpikir Kritits. Tim Pengembangan Jurnal Universitas Negeri Malang. Santoso, A. 2011. Hambatan Siswa Kelas XI Bahasa MAN 3 Malang dalam Menulis Artikel. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM. Santoso, I. 2008. Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Lumajang dengan Menggunakan Strategi 3 M (Mengumpulkan Bahan, Menulis, Menyunting). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM. Widyartono, D. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bahasa Indonesia dengan Web Interaktif. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2549-5607 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8941 | |
dc.description.abstract | Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan penting dalam kelangsungan keseharian
siswa. Berpikir kritis dapat dikembangkan melalui pembelajaran bahasa dalam menulis karya
ilmiah. Kemampuan ini belum dikembangkan dan kemampuan siswa dalam berpikir kritis
masih rendah. Oleh karena itu, bahan ajar berpikir kritis melalui menulis karya ilmiah ini perlu
dikembangkan. Prosedur penelitian ini adalah analisis pendahuluan, analisis kurikulum, analisis
karakteristik siswa, penulisan dan penyusunan bahan ajar, pengujian produk, revisi, dan produk
akhir. Data dalam penelitian ini berupa data verbal dan nonverbal yang dianalisis dengan analisis
kualitatif dan analisis kuantitatif. Subjek coba penelitian ini adalah ahli penulisan bahan ajar,
ahli pembelajaran menulis karya ilmiah, guru, dan siswa. Produk yang dikembangkan berupa
bahan ajar. Komponen berpikir kritis meliputi aplikasi, analisis, inferensi, evaluasi, dan sintesis.
Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu (1) penyempurnaan
produk, (2) kemenarikan produk, dan (3) efektivitas produk. Hasil pengembangan dan penelitian
dapat disimpulkan bahwa pada penyempurnaan produk diperoleh data bahwa bahan ajar ini
termasuk kategori sangat valid. Pada kemenarikan bahan ajar diperoleh data bahwa bahan ajar ini
cukup menarik. Pada efektivitas produk diperoleh data bahwa bahan ajar ini efektif digunakan.
Berdasarkan hasil uji coba dilakukan revisi terhadap isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan bahan
ajar. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | Bahan ajar berpikir kritis | in_ID |
dc.subject | berpikir kritis | in_ID |
dc.subject | menulis karya ilmiah | in_ID |
dc.title | Pengembangan Bahan Ajar Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Kelas XI SMA/Sederajat | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |