• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Literasi Mengungkap Mitos dan Mensugesti Kebenaran

    Thumbnail
    View/Open
    i44.pdf (338.6Kb)
    Date
    2017-04-04
    Author
    Suryani, Yeni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Literasi memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk opini. Bagaimana suatu literasi dapat mengokohkan atau mematahkan suatu mitos dengan kebenaran, atau sebaliknya bagaimana kokoh dan patahnya kebenaran dengan literasi mitos. Mitos adalah sebuah keyakinan yang dimiliki sekelompok masyarakat terhadap suatu hal, kebenaran dalam konsep ini adalah suatu penemuan yang diperoleh dengan metode ilmiah. Dengan demikian kata mitos dan kebenaran ditawarkan dalam konteks ini dipertentangkan karena memiliki prosedur berbeda dalam menghadapi suatu fakta. Mitos (yang pertama) lebih menekankan pada keyakinan sementara yang kedua lebih menekankan pada proses berpikir. Kedua kata di atas menjadi menarik ketika antara keduanya dijembatani oleh peran literasi. Beragam mitos tersebar di masyarakat, di antaranya tentang fenomena alam, kehidupan, dan sebagainya. Demikian juga tentang kebenaran. Oleh karena itu, tulisan ini ditujukan untuk mengungkap literasi apa yang berperan pada mitos atau kebenaran tertentu. Dengan demikian metode yang dilakukan lebih bersifat deskriptif dan teknik yang digunakan yaitu studi domumentasi dan pustaka. Lingkup mitos dan kebenaran diperlukan guna membatasi penggunaan data. Apabila merujuk pada literasi dalam pembelajaran maka tulisan ini lebih terlandasi oleh tujuan literasi membaca dan berpikir (The Ontario Ministry of Education dalam Yunus Abidin, 2015). Sementara berkenaan dengan mitos, tulisan terpandu oleh konsep Roland Barthers tentang mitos dalam beragam fenomena kehidupan. Mitos dan kebenaran merupakan dua hal yang mengindikasikan adanya perjalanan berpikir manusia. Dalam temuan sejalannya literasi berjalan pula dinamika mitos dan kebenaran. Terdapat tawaran literasi tentang mitos-mitos di samping beragam pula literasi yang menawarkan kebenaran. Terdapat literasi yang mengukuhkan atau mematahkan mitos dan kebenaran tentang makanan, kecantikan, kesehatan, dan kehidupan lain misalnya. Contoh mitos dalam pendidikan misalnya “ganti mentri ganti kurikulum”. Mitos tersebut dikokohkan oleh kebenaran karena pada kenyataaanya pergantian mentri berganti atau berubah pula kebijakan,termasuk kurikulum.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8942
    Collections
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV