Optimalisasi Budaya Literasi melalui Program Journaling-Feedback
Abstract
Tingkat literasi pelajar di Indonesia sangat rendah. Hasil penelitian program penilaian pelajar
internasional (PISA) 2015 yang menyatakan bahwa kemampuan membaca siswa Indonesia
peringkat 69 dari 76 negara yang disurvei. Dalam hal ini sekolah harus mendukung pemerintah
dalam gerakan budaya literasi dalam upaya untuk peningkatan mutu pendidikan. program
journaling feedback merupakan salah satu kontribusi untuk meningkatkan budaya literasi.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara pada
peserta didik sekolah dasar. Hal ini dikarenakan penelitian yang dilakukan belum terlalu mendalam
dan masih terbatas pada sebuah gagasan. Melalui program pelaksanaan journaling-feedback akan
mampu meningkatkan tingkat literasi secara berkelanjutan. Program ini disertai dengan umpan
balik dari pendidik untuk meningkatkan semangat dan motivasi anak. Program ini akan berhasil
jika disertai dengan dukungan dari berbagai pihak.