Show simple item record

dc.contributor.authorSuparno, Rahmat Riandi
dc.contributor.authorSari, Ayuk Onita
dc.contributor.authorMubarok, Alwi
dc.contributor.authorVianita, Listi
dc.contributor.authorTrilas I, Ayun
dc.date.accessioned2017-07-25T03:10:45Z
dc.date.available2017-07-25T03:10:45Z
dc.date.issued2017-05-22
dc.identifier.citationBAPPEDA.2014. Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Wonogiri (http://bappeda_wonogiri@yahoo.com BPS.2015. Badan Pusat Statistika Kabupaten Wonogiri (http://wonogirikab.bps.go.id) (diakses 2 Mei 2017 Pukul 13.35 WIB) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, 2013. Situs Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (http://www.pdkjateng.go.id) (diakses 4 Mei 2017 Pukul 20.25 WIB)) (diakses 4 Mei 2017 Pukul 20.00 WIB) Nugroho. 2013. Partisipasi Publik dalam Pembentukan Peraturan Perundangundangan. Jakarta.Matahari. Pemerintah Kabupaten Wonogiri. 2014. Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Wonogiri (http://www.wonogirikab.go.id) (diakses 4 Mei 2017 Pukul 19.25 WIB)in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-072-3
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9042
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu sektor penting yang memberikan kontribusi terbesar dalam mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kondisi pendidikan pada suatu daerah menentukan program pembangunan pendidikan dalam meningkatkan taraf pendidikan masyarakat yang diukur melalui perubahan dan perkembangan dari pencapaian pendidikan yaitu angka partisipasi sekolah, angka buta huruf, dan rata-rata lama sekolah yang termasuk didalam pendekatan sistem pendidikan. Indikator pendekatan sistem pendidikan dibagi menjadi tiga kelompok: indikator input, proses, dan output/dampak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pencapaiaan dan perkembangan pendekatan sistem pendidikan di kabupaten Wonogiri. Metode penelitian secara deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan indikator input, proses dan output. Indikator input berupa usia sekolah, rasio murid guru, dan sarana prasarana dan secara jelas digambarkan pula indikator proses berupa persentase Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) serta indikator output yaitu melek huruf dan angka putus sekolah. Sumber data diperoleh dari data sekunder dari Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri. Hasil penelitian menunjukan indikator input berupa usia sekolah untuk SD usia 7-12 tahun dengan rata-rata sebesar 69328 orang, jenjang SMP usia 13-15 tahun rata rata-sejumlah 30339 orang, dan jenjang SMA dengan usia 16-18 tahun sejumlah 20610 orang. Sedangkan rasio guru-murid selama tahun 2014-2017 pada jenjang SD rata-ratanya 14 orang, untuk SMP sebesar 12 orang dan untuk SMA sebanyak 12 orang . Adapun hasil analisa indikator proses diketahui bahwa persentase Angka Partisipasi Kasar (APK) di SD rata-ratanya adalah 79%, SMP sebesar 78% dan SMA sebesar 56% dan APM di sekolah SD sebesar 90%, SMP 77% dan SMA 47% pada indikator output terlihat ada penurunan untuk angka melek huruf yaitu sebesar 25% dan angka putus sekolah sebesar 0,24 %. Simpulan analisa indikator input, proses dan output pada wilayah Kabupaten Wonogiri telah tercapai dan perkembangannya baik, berarti masyarakat di Kabupaten Wonogiri tingkat IPMnya sangat baik.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectpendidikanin_ID
dc.subjectrasio murid guruin_ID
dc.subjectangka partisipasi kasar (APK)in_ID
dc.subjectangka partisipasi murni (APM)in_ID
dc.subjectMelek Hurufin_ID
dc.titleAnalisa Pendekatan Sistem Pendidikan pada Pembangunan Sumberdaya Manusia Kabupaten Wonogiriin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record