Kajian Model Empiris: Pengaruh Media Sosial terhadap Life Style dan Keputusan Pembelian
View/ Open
Date
2017-05-24Author
Edy, Irwan Christanto
Brotojoyo, Endang
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan jejaring media sosial yang sangat pesat, menarik perhatian peneliti untuk
melakukan studi penelitian, khususnya dampak media sosial terhadap gaya hidup (life style)
individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model empiris : pengaruh media sosial
terhadap life style dan keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian survei.
Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan mengambil mahasiswa di Kota
Surakarta sebagai objek penelitian. Instrumen pengumpulan data berupa daftar pertanyaan
(kuesioner) baik dengan pertanyaan terbuka maupun tertutup. Metode analisis data yang
digunakan meliputi 1) analisis uji instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, 2) analisis
statistik deskriptif, 3) analisis SEM-PLS (Sequantial Equation Model-Partial Least Square),
Penelitian ini akan menghasilkan temuan berupa model empirik yang menggambarkan bahwa
1) media sosial dan life style berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, 2)
pengaruh langsung media sosial terhadap keputusan pembeliaan lebih besar dibanding
pengaruh tidak langsung melalui life style.