Show simple item record

dc.contributor.authorSetyoningrum, Ary
dc.contributor.authorSantosa, Paulus Insap
dc.contributor.authorSetiawan, Noor Akhmad
dc.date.accessioned2017-07-31T03:12:56Z
dc.date.available2017-07-31T03:12:56Z
dc.date.issued2017-05-24
dc.identifier.citation[1] H. Himawan and N. Rosita, “Aplikasi dan Implementasi Pengelolaan File Wajib Pajak,” Digit. Inf. Syst. Conf., 2012. [2] B. M. Sukoco, Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Jakarta: Erlangga, 2007. [3] Menteri Sekretaris Negara, Peraturan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Kementerian Sekretariat Negara. Jakarta, 2016. [4] P. G. A. Ayu and I. F. Soesianto, “Sistem Informasi Manajemen Persuratan dan Kearsipan berbasis Teknologi Informasi di Universitas Udayana,” Universitas Gadjah Mada, 2005. [5] F. L. Witi, “Rancang bangun sistem informasi kearsipan Universitas Flores Ende Nusa Tenggara Timur,” Universitas Gadjah Mada, 2006. [6] A. Kurnianti, “Implementasi Aplikasi Pengarsipan Untuk Membangun dan Mendukung Terciptanya Sistem Paperless Office (Studi kasus : Sistem Paperless Office Jurusan Teknologi Informasi UMY),” Universitas Gadjah Mada, 2014. [7] L. Farokhah, “Perancangan Prototype Public Information Service Bidang Pendidikan Berbasis Citizen Centric (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta),” Universitas Gadjah Mada, 2015. [8] V. A. S. Mulana, “Analisis Kebutuhan Sistem Informasi klinis Rawat Inap di Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada,” Universitas Gadjah Mada, 2015. [9] A. B. O. Padita, “Identifikasi Kebutuhan Pengembangan Dashboard sebagai Alat Pemantauan Kemajuan Pendidikan (Studi Kasus : Dinas Pendidikan Daerah Kota Tomohon),” Universitas Gadjah Mada, 2016. [10] D. Swanjaya and M. R. Arief, “Aplikasi sistem pengarsipan dokumen menggunakan metode prototipe,” vol. 1, no. 2, pp. 57–62, 2012. [11] D. Suwartiningsih, “Pengembangan Aplikasi Sistem Kearsipan (Archieve Management System) pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Pertambangan dan Energi Daerah Kabupaten Nganjuk,” pp. 1–17, 2007. [12] D. C. Muharawan, “Perancangan Purwarupa (Prototype) sistem informasi Kadaster 3 dimensi,” Universitas Gadjah Mada, 2007. [13] G. Alfiansyah, “Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Organisasi,” Univ. Udayana Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, 2011. [14] W. Widhiarso, Jessianti, and Sutini, “Metode UCD ( User Centered Design ) Untuk Rancangan Kios Informasi Studi Kasus : Rumah Sakit Bersalin XYZ,” Algoritm. J. STMIK GI MDP, vol. 3, pp. 6–10, 2007. [15] A. Putra and S. Lubis, “Tradisional Berbasis Web dengan menggunakan metode user centered design (UCD),” no. April, pp. 63–68, 2015. [16] L. Albani and G. L. (FIMI), “User Centred Design for EASYREACH,” 2010. [17] A. Amborowati, “Rancangan Sistem Pameran Online menggunakan Metode UCD ( User Centered Design ). STMIK AMIKOM.,” 2012. [18] Zahara, Perancangan aplikasi Ecommerce penjualan sparepart forkflit dengan metode ucd, V(2), p.2. Pelita Informatika Budi Darma, 2013. [19] Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2005. [20] Apriyansyah Putra, “Sistem Pengarsipan Elektronik Dokumen Mutu Universitas Sriwijaya,” J. Generic, vol. 10, No.1, pp. 409–420, 2015. [21] John Brooke, “SUS-A quick and dirty usability scale,” Digit. Equip. Corp., 1986.in_ID
dc.identifier.issn2580-8796
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9098
dc.description.abstractDalam upaya mewujudkan pemerintahan yang baik atau good government, tertib administrasi merupakan salah satu bagian penting yang harus dicapai dalam menjalankan tata kelola pemerintahan, termasuk di dalamnya adalah bidang kearsipan. Arsip di sub bagian bangunan Istana Kepresidenan Yogyakarta masih di kelola secara manual. Masih ditemukan data-data yang belum terarsipkan dengan rapi, tercecer bahkan hilang. Adanya keterbatasan waktu dan tenaga dalam pengelolaannya, sangat memakan waktu untuk menemukan dokumen saat dibutuhkan. Manakala hal tersebut sering terjadi akan sangat menghambat pengguna dalam menjalankan tugasnya. Dalam penelitian ini dilakukan analisis kebutuhan sistem pengarsipan dokumen dengan menggunakan pendekatan user-centered design (UCD) berbasis Web. Pengukuran tingkat penerimaan dan dukungan dari calon pengguna dilakukan dengan membuat instrumen pengumpulan data berupa kuesioner sesuai kerangka System Usability Scale (SUS) dengan menggunakan Skala Likert untuk menghitung variabelnya. Hasilnya berupa sebuah prototype sistem informasi arsip bangunan (Simarsip bangunan) berbasis web yang dapat di gunakan oleh user/analis, di lihat oleh pegawai dan dapat di pantau oleh Pimpinan. Hasil evaluasi usability menghasilkan nilai 77.25 > 70 termasuk dalam kategori usable, berarti tingkat usabilitas aplikasi ini dapat diterima dan digunakan dengan mudah oleh pengguna untuk mencapai tujuan organisasi sehingga mampu membantu dalam melaksanakan pekerjaan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectPengarsipan Dokumenin_ID
dc.subjectUCDin_ID
dc.subjectPrototypein_ID
dc.subjectGood Governancein_ID
dc.titleAnalisis Kebutuhan Sistem Informasi Arsip Bangunan Berbasis User Centered Design (UCD)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record