MOTIVASI MAHASISWA THAILAND UNTUK BELAJAR DI FAKULTAS AGAMA ISLAM JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
Abstract
SUHUF, Vol. 19, No. 2, Nopember 2007: 170 - 189 170
Fakultas Agama Islam Jurusan Tarbiyah UMS, para mahasiswa
tidak berasal dari daerah Jawa saja melainkan juga dari daerah lain,
bahkan dari luar negeri diantaranya ada yang berasal dari Thailand.
Oleh karena itu keberadaan motivasi belajar mahasiswa Thailand
sangat menarik untuk diungkapkan karena dengan motivasi inilah
yang menjadi energi untuk mencapai tujuannya.
Penelitian ini mempunyai rumusan masalah bagaimanakah motivasi
belajar mahasiswa Thailand dan apakah motivasi belajar mahasiswa
Thailand dapat mempengaruhi prestasi belajarnya. Adapun pertanyaan
penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah motivasi
belajar mahasiswa Thailand? Lokasi penelitian di FAI UMS dan
tempat kos Subjek. Subjek penelitian adalah mahasiswa Thailand
sejumlah 2 orang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi
dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan
bahwa motivasi belajar mahasiswa Thailand di FAI Jurursan Tarbiyah
UMS sama. Dalam hal ini adalah motivasi intrinsik. Dalam proses
belajarnya, kedua subjek muncul motivasi ekstrinsik. Adapun hal-hal
yang mempengaruhi tingginya motivasi belajar pada subjek adalah
ingin menjadi hamba yang bertaqwa, ingin menjadi contoh, hasrat
ingin belajar, minat, cita-cita, pengetahuan luar atau wawasan, serta
orang tua. Sedangkan hal-hal yang menyebabkan kurangnya motivasi
belajar pada subjek adalah kemampuan komunikasi mahasiswa yang
kurang dalam memahami bahasa Indonesia, teknik mengajar yang
kurang efektif, dan kurang minat.