dc.identifier.citation | Azmiana, Z., Bu’ololo, F., Siagian, P. (2013). Penggunaan Sistem Inferensi Fuzzy untuk Penentuan Jurusan di SMA Negeri 1 Bireuen. Saintia Matematika. 1(3). 233-247. Dzulhaq, M. & Imani, R. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Konsentrasi Jurusan Menggunakan Fuzzy Infference Sistem Metode Mamdani. Jurnal Sisfotek Global. 5(2).75-80. Jayanti, S. & Hartanti, S. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Anggota Paduan Suara Dewasa Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani. IJCCS. 6(1).55-66. Kurniawan, Y. (2015). Decision Support For Acceptance Scholaship With Simple Additive Weighting Methode. International Conference on Science, Technology and Humanity, Surakarta :Universitas Muhammadiyah Surakarta. ISSN 2477-3328 Samosir, R., Iryanto, Siregar, R., (2013). Perbandingan Produksi Kopi Optinum Antara Metode Fuzzy Mamdani dengan Merode Fuzzy Sugeno pada PT XYZ. Saintia Matematika. 1(6).517-527. Thirunavukarasu, A.,& Maheswari, U., (2013). Technical Analysis of Fuzzy Metagraph Based Decision Support System for Capital Market. Journal of Computer Science. 9(9). 1146-1155. Yudanto, A., Apriyadi, M., Sanjaya, K., (2013). Optimalisasi Lampu Lalu Lintas Dengan Fuzzy Logic. ISSN ULTIMATICS.5(2).58-62. | in_ID |
dc.description.abstract | Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah pendidikan lanjutan dari Sekolah Menengah Pertama
(SMP). Dalam penentuan jurusan merupakan salah satu proses penyaluran dalam pemilihan
program pengajaran pada siswa di jenjang SMA. Maka dari itu dibutuhkan sistem pendukung
keputusan untuk membantu penentuan jurusan. Dalam penelitian ini penentuan jurusan pada
SMA N 2 Sukoharjo dibutuhkan seleksi untuk menetukan jurusan siswa yaitu jurusan MIPA,
IPS ataupun BB. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan metode fuzzy kedalam sistem
pendukung keputusan. Metode fuzzy digunakan untuk memodelkan informasi yang
mengandung ketidakjelasan melalui bilangan fuzzy, dan fuzzy juga dapat memproses bilangan
tersebut dengan menggunakan bilangan aritmatika biasa sehingga dapat menghasilkan
penjumlahan yang real pada interval, penelitian ini menggunakan input serta output untuk
proses penentuan jurusan. Variabel input yang digunakan dalam perhitungan fuzzy ini ialah
nilai minat, nilai rata-rata SMP serta nilai bakat, adapun variabel output ialah MIPA, IPS
ataupun BB. Hasil penelitian ini berupa sistem pendukung keputusan penetuan jurusan SMA
N 2 Sukoharjo berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, sistem ini menghasilkan hasil kahir
berupa keakuratan data testing dengan presentase 89,6 %. | in_ID |