dc.identifier.citation | SUHUF, Vol. 19, No. 2, Nopember 2007: 190 - 202 200 Aburizal Bakde. 1999. Mengefektifkan Sistem Pendidikan Ganda. (Makalah Disampaikan pada Rapat Kerja Majelis Pendidikan Kejuruan Nasional, 29 Maret 1999) di Jakarta. Depdikbud. 2001. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta. Depdiknas . 2001. Manajemen peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta Depdiknas.2002. manqjemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Panduan Monitoring dan Evaluasi. Jakarta Depdiknas. 2000. Indikator Keberhasilan SLTP dan SMU. Jakarta 201 Profil Kepemimpinan Kepala Sekolah ... (Sahliyatul Khoiriyah) Direktorat Pendidikan Menengah Umum. 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (Buku 1). Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Departemen Pendidikan Nasional. Joni Raka. 1980. Pengembangan Kurikulum IKIP/FKIP; Suatu Kasus Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi. Jakarta Katikawati, Etty/Lusikooy. 1994. Materi pokok Profesi Keguruan. Jakarta: Depdikbud. Lipham, James M. & James A. Hoeh, JR. The Principalship: Foundations and Functions. New York: Harper & Row, Publishers. Maskhemi. 2001. Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Semangat Kerja Guru SLTP Negeri Se Kabupaten Kebumen dalam Melaksanakan Tugas Jabatan Guru. UNJ Pasca Sarjana. Maskhemi. 2001. Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Semangat Kerja Guru SLTP Negeri Se Kabupaten Kebumen dalam Melaksanakan Tugas Jabatan Guru. UNJ Pasca Sarjana. Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosda Karya. Norton 1985. Competency-Based Vocational Education Administrator Materials. Columbus, Ohio: The National Center for Research in Vocational Education. Norton 1986. Plan for Your Professional Development. Columbus, Ohio: The National Center for Research in Vocational Education. Poemomosidi Hadjisarosa. 1997. Naskah 1: Butir-Butir untuk Memahami Pengertian Mengenali Hal Secara Utuh dan Benar (Bahan Kuliah STIE Mitra Indonesia). Poemomosidi Hadjisarosa 1997. Butir-Butir untuk Memahami Pengertian Mengenali Hal Secara Utuh dan Benar (Bahan Kuliah STIE Mitra Indonesia Yogyakarta). Poemomosidi Hadjisarosa 1997. Butir-Butir Untuk Memahami Pengertian Fungsi, Analisa Tingkat kesiapan, dan Input Manajemen (Bahan Kuliah STIE Mitra Indonesia Yogyakarta). Roe, William H. & Thelbert L. Drake 1980. The Principalship. New York: Macmillan Publishing Co., Inc. Slamet PH, Http/www. Depdiknas/Balitbang/Publikasi/Jornol/No. 025/Slamet ph. Slamet, PH 2000. Menuju Pengelolaan Pendidikan Berbasis Sekolah (Makalah Disampaikan pada Seminar Regional dengan Tema: “Otonomi Pendidikan dan Implementasinya dalam EBTANAS” pada Tanggal 8 Mei 2000 di Universitas Pancamarga Probolinggo, Jawa Timur. ——————2000. Menuju Pengelolaan Pendidikan Berbasis Sekolah. (Makalah Disampaikan pada Seminar dan Temu Alumni Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta dengan Tema: “Pendidikan yang Berwawasan Pembebasan: Tantangan Masa Depan” pada Tanggal 27 Mei 2000 di Ambarukmo Palace Hotel, Yogyakarta. ——————2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Depdiknas. Sugiarso dan Rukisman. 2001. Profesionalisme Guru Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Mengajar pada Guru SD Se Kecamatan Andong Boyolali, Jumal Pendidikan Ilmu Sosial. FKIP.-UMS. Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Renika Cipta. Suyanto. 2001. Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa. Yogyakarta: Adicita. Usman Uzer. 1999. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya. Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafika Persada. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendapatkan gambaran nyata
tentang profil kepemimpinan kepala sekolah SMP Muhammadiyah
1 Surakarta. 2) mengungkap profil kepemimpinan kepala sekolah
kaitannya dengan pelaksanaan tugas melalui indikator (hiput,Proses,
dan output). Pendekatan penelitian adalah metode penelitian
kualitatif, metode etnometodologi. Penelitian dilakukan terhadap
Kepala Sekolah, Guru, Karyawan dan siswa SMP Muhammadiyah
1 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan
mutu sekolah dapat dilakukan dengan: 1) penegakan disiplin,
membangun image budaya bersih, budaya kerja, belajar keras dan
mengangkat citra sekolah 2) melengkapi sarana dan prasarana,
meningkatkan SDM melalui kegiatan seminar dan penataran.3)
mengadakan les khusus kelas 3, les MMA dan ekstrakurikuler., 4)
Implements! MPMBS, Analisis SWOT, hiput-proses-output. | en_US |