Show simple item record

dc.contributor.authorWahyuni, Endang
dc.contributor.authorRindarjono, Mohammad Gamal
dc.contributor.authorSarwono, S.
dc.date.accessioned2017-08-01T01:20:48Z
dc.date.available2017-08-01T01:20:48Z
dc.date.issued2017-05-24
dc.identifier.citation[1] _________, (2014). Materi Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru SMA /SMK. Semarang:Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah. [2]Abdul Heri Odja, (2008).The Using of Learning Cell Multi Tutor Approach on Physics Teaching,Laporan penelitian Proceedding The Secong International Seminar On Science Education “ Current Issue on Reasearch and Theacing in Science Education. [3]Akhmad Sudrajad, (2008).Hakikat dan Pengertian Belajar, tersedia pada http://akhmadsudrajat.wordpress.com, Artikel. [4] Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, (2014).Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. [5] BNSP, (2010).Laporan Hasil Ujian Nasional.Puspendik Balitbang Kementrian Pendidikan Nasional. [6] Bruce Joyce, Marshal Weil,Emily Calhoun.(2009).Models of Teaching, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. [7] Budiyono, (2015).pengantar Penilaian Hasil Belajar,Surakarta: Sebelas Maret UniversityPress. [8] Burhan Bungin.(2003).Analisis Data Penelitian Kualitatif.Jakarta: Raja Grafindo Persada.in_ID
dc.identifier.issn2580-8796
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9152
dc.description.abstractTujuan penulisan tesis yaitu untuk mengetahui efektifitas pendampingan guru geografi pada implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri di Sragen tahun pelajaran 2016/2017, dengan fokus penelitian meliputi standar kompetensi lulusan, standar proses, standar isi, dan standar penilaian. Subyek penelitian adalah guru geografi di SMA N 1 , SMA N 2 , SMA N 3, SMA N 1 Sukodono, SMA N 1 Gemolong kabupaten Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, angket, observasi melalui supervisi kelas dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data, dapat disajikan hasil penelitian sebagai berikut : (1) Standar kompetensi lulusan, standar proses sudah sesuai dengan kurikulum 2013; (2) Standar penilaian mata pelajaran geografi belum sesuai dengan kurikulum 2013; (3) Dalam standar isi yang mencakup Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar belum sesuai dengan materi yang disampaikan guru geografi; (4) Mata pelajaran geografi diberikan kepada peserta didik kelompok peminatan MIPA sebagian masih dikondisikan berdasarkan kepentingan sekolah bukan sebagai mata pelajaran pilihan mutlak dan alokasi waktu belum menggunakan sistem kredit semester, masih menggunakan alokasi waktu pada KTSP.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectPembelajaran geografiin_ID
dc.subjectpendampinganin_ID
dc.subjectimplementasiin_ID
dc.subjectkurikulum 2013in_ID
dc.titleEfektifitas Pendampingan Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi SMA N di Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record