dc.contributor.author | Wahyuni, Endang | |
dc.contributor.author | Rindarjono, Mohammad Gamal | |
dc.contributor.author | Sarwono, S. | |
dc.date.accessioned | 2017-08-01T01:20:48Z | |
dc.date.available | 2017-08-01T01:20:48Z | |
dc.date.issued | 2017-05-24 | |
dc.identifier.citation | [1] _________, (2014). Materi Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru SMA /SMK. Semarang:Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah. [2]Abdul Heri Odja, (2008).The Using of Learning Cell Multi Tutor Approach on Physics Teaching,Laporan penelitian Proceedding The Secong International Seminar On Science Education “ Current Issue on Reasearch and Theacing in Science Education. [3]Akhmad Sudrajad, (2008).Hakikat dan Pengertian Belajar, tersedia pada http://akhmadsudrajat.wordpress.com, Artikel. [4] Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, (2014).Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. [5] BNSP, (2010).Laporan Hasil Ujian Nasional.Puspendik Balitbang Kementrian Pendidikan Nasional. [6] Bruce Joyce, Marshal Weil,Emily Calhoun.(2009).Models of Teaching, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. [7] Budiyono, (2015).pengantar Penilaian Hasil Belajar,Surakarta: Sebelas Maret UniversityPress. [8] Burhan Bungin.(2003).Analisis Data Penelitian Kualitatif.Jakarta: Raja Grafindo Persada. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2580-8796 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9152 | |
dc.description.abstract | Tujuan penulisan tesis yaitu untuk mengetahui efektifitas pendampingan guru geografi pada
implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri di Sragen tahun pelajaran 2016/2017, dengan
fokus penelitian meliputi standar kompetensi lulusan, standar proses, standar isi, dan standar
penilaian. Subyek penelitian adalah guru geografi di SMA N 1 , SMA N 2 , SMA N 3, SMA
N 1 Sukodono, SMA N 1 Gemolong kabupaten Sragen. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara,
angket, observasi melalui supervisi kelas dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data, dapat disajikan hasil penelitian
sebagai berikut : (1) Standar kompetensi lulusan, standar proses sudah sesuai dengan
kurikulum 2013; (2) Standar penilaian mata pelajaran geografi belum sesuai dengan
kurikulum 2013; (3) Dalam standar isi yang mencakup Kompetensi Inti dan Kompetensi
Dasar belum sesuai dengan materi yang disampaikan guru geografi; (4) Mata pelajaran
geografi diberikan kepada peserta didik kelompok peminatan MIPA sebagian masih
dikondisikan berdasarkan kepentingan sekolah bukan sebagai mata pelajaran pilihan mutlak
dan alokasi waktu belum menggunakan sistem kredit semester, masih menggunakan alokasi
waktu pada KTSP. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | Pembelajaran geografi | in_ID |
dc.subject | pendampingan | in_ID |
dc.subject | implementasi | in_ID |
dc.subject | kurikulum 2013 | in_ID |
dc.title | Efektifitas Pendampingan Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi SMA N di Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |