Show simple item record

dc.contributor.authorIstifarida, Binti
dc.contributor.authorSantoso, Sigit
dc.contributor.authorYusup, Yasin
dc.date.accessioned2017-08-01T01:27:56Z
dc.date.available2017-08-01T01:27:56Z
dc.date.issued2017-05-24
dc.identifier.citationAmir, Taufik.2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta:Prenada Media group. Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. New York: Springer. BSNP. (2006). Instrumen Penilaian Tahap II Buku Teks Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta:Ghalia Indonesia. Jo, Injeong, Jung Eun Hong and Kanika Verma. 2016.Facilitating spatial thinking in world geography using Web-based GIS. Universitas West Georgia, carrollton,USA.Journal of Geography in Higher Education. ISSN: 0309-8265 (Print) 1466-1845 Lee, Jongwon.2005. Effect Of Gis Learning On Spatial Ability.Dissertation . Seoul National University. Lee, Jongwon & Robert Bednarz.2012. Effect of GIS Learning on Spatial Thinking. Journal of Geography in higher education.vol. 33:2, 183-198. Ewha Womans University South Korea Lee, Jongwon & Robert Bednarz.2012.Component of spatial thinking: Evidence from a spatial thinking ability test.Journal of Geography.111:1, 15- 26.South Korea Niken Ariani dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah . Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta :PT Hasil Pustakaraya. Pribadi,Benny A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group. Sadiman, Arief S. dkk. 2008. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sarah Witham Bednarz, tanpa tahun.Problem Based Learning and GIS: PBL-GIS. Santoso,Sigit.2015.Penelitian Pendidikan. Surakarta:UNS Press. Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Yasin Yusuf, Sugiyanto, Partoso Hadi.2012.Peran Sistem Informasi Geografis dalam Pembentukan Spatial Thinking Skills dan Terapannya dalam Pembelajaran Bencana.Globe Vol. 14 :78-80.in_ID
dc.identifier.issn2580-8796
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9155
dc.description.abstractTujuan penulisan tesis yaitu; Mengetahui kebutuhan belajar siswa kelas X , mengetahui kelayakan e-book berbasis Problem Based Leraning-GIS yang dikembangkan ,mengetahui peningkatan kecakapan berfikir keruangan siswa kelas X SMA N 1 Sragen setelah penggunaan ebook berbasis Problem Based Leraning-GIS. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Tahapan R & D menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluation). Desain penelitian metode pre-test – post-test. Subyek penelitian adalah kelas X IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis menggunakan uji t atau t-test. Berdasarkan analisis data, dapat disajikan hasil penelitian sebagai berikut : (1) Proses pembelajaran membutuhakan media pembelajaran yang dikemas secara kreatif dan tidak monoton pada teks, maka perlu ada tambahan video dan model pembelajaran outdoor agar siswa dapat mengenal langsung peristiwa yang terjadi di sekitarnya; (2) Hasil validasi dari tim ahli menunjukkan ratarata penilaian sebesar 73,2% dan termasuk dalam kriteria layak. Respon tanggapan siswa ujicoba menunjukkan respon positif dengan presentase dan termasuk kriteria sangat layak (3) Perhitungan efektivitas menggunakan t-test diperoleh thitung=10,244 > ttabel=1,67 berarti hipotesis penelitian (Ha) diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan pada kecakapan berpikir keruangan antara nilai siswa sebelum menggunakan e-book berbasis Problem Based Leraning-GIS.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectPengembanganin_ID
dc.subjectE-Book berbasis Problem Based Leraning GISin_ID
dc.subjectKecakapan Berfikir Keruanganin_ID
dc.subjectLitosferin_ID
dc.titlePengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning GIS untuk Meningkatkan Kecakapan Berfikir Keruangan pada Siswa Kelas X SMA N 1 Sragen 2016/2017in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record