dc.identifier.citation | Amir, Taufik.2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta:Prenada Media group. Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. New York: Springer. BSNP. (2006). Instrumen Penilaian Tahap II Buku Teks Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta:Ghalia Indonesia. Jo, Injeong, Jung Eun Hong and Kanika Verma. 2016.Facilitating spatial thinking in world geography using Web-based GIS. Universitas West Georgia, carrollton,USA.Journal of Geography in Higher Education. ISSN: 0309-8265 (Print) 1466-1845 Lee, Jongwon.2005. Effect Of Gis Learning On Spatial Ability.Dissertation . Seoul National University. Lee, Jongwon & Robert Bednarz.2012. Effect of GIS Learning on Spatial Thinking. Journal of Geography in higher education.vol. 33:2, 183-198. Ewha Womans University South Korea Lee, Jongwon & Robert Bednarz.2012.Component of spatial thinking: Evidence from a spatial thinking ability test.Journal of Geography.111:1, 15- 26.South Korea Niken Ariani dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah . Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta :PT Hasil Pustakaraya. Pribadi,Benny A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group. Sadiman, Arief S. dkk. 2008. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sarah Witham Bednarz, tanpa tahun.Problem Based Learning and GIS: PBL-GIS. Santoso,Sigit.2015.Penelitian Pendidikan. Surakarta:UNS Press. Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Yasin Yusuf, Sugiyanto, Partoso Hadi.2012.Peran Sistem Informasi Geografis dalam Pembentukan Spatial Thinking Skills dan Terapannya dalam Pembelajaran Bencana.Globe Vol. 14 :78-80. | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penulisan tesis yaitu; Mengetahui kebutuhan belajar siswa kelas X , mengetahui
kelayakan e-book berbasis Problem Based Leraning-GIS yang dikembangkan ,mengetahui
peningkatan kecakapan berfikir keruangan siswa kelas X SMA N 1 Sragen setelah penggunaan ebook
berbasis Problem Based Leraning-GIS. Jenis penelitian ini adalah research and
development (R&D). Tahapan R & D menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementasi, Evaluation). Desain penelitian metode pre-test – post-test.
Subyek penelitian adalah kelas X IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode
tes, angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis menggunakan uji t atau t-test. Berdasarkan
analisis data, dapat disajikan hasil penelitian sebagai berikut : (1) Proses pembelajaran
membutuhakan media pembelajaran yang dikemas secara kreatif dan tidak monoton pada teks,
maka perlu ada tambahan video dan model pembelajaran outdoor agar siswa dapat mengenal
langsung peristiwa yang terjadi di sekitarnya; (2) Hasil validasi dari tim ahli menunjukkan ratarata
penilaian sebesar 73,2% dan termasuk dalam kriteria layak. Respon tanggapan siswa ujicoba
menunjukkan respon positif dengan presentase dan termasuk kriteria sangat layak (3) Perhitungan
efektivitas menggunakan t-test diperoleh thitung=10,244 > ttabel=1,67 berarti hipotesis penelitian
(Ha) diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan pada kecakapan berpikir keruangan antara
nilai siswa sebelum menggunakan e-book berbasis Problem Based Leraning-GIS. | in_ID |