dc.identifier.citation | Ali, M dan Asrori, M. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara. Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.HFreeman Company. Bashori, K. 2003. Problem Psikologis Kaum Santri: Resiko Insekuritas Kelekatan. Yogyakarta : Forum Kajian Budaya dan Agama. Fatimah,E. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia. Hidayat. 2009. Perbedaan Penyesuaian DiriSantri Di Pondok PesantrenTradisional dan Modern. Skripsi(tidak diterbitkan).Surakarta :Fakultas Psikologi UMS. Nurfuad, A. 2013.Meningkatkan Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas Viii B Smp N 2 Juwana Tahun 2012/2013.Skripsi.Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Papalia D.E., Olds, S.W, & Feldman, R.D. 2009.Human Development (Perkembangan Manusia edisi 10 buku 2).(Penerj. Brian Marwensdy). Jakarta: Salemba Humanika. Risnawita S, R., Ghufron. M. N. (2011). Teori-Teori Psikologi.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media Sunarto & Hartono, A. 2002.Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta. Wirawan, H., Bandu, M.T. (2016). Self-Efficacy Training For International Student. International Journal of Information and Learning Technology, 33 (2) Yuniar, M., Zainal, A.,& Tri , P.A. 2005. Penyesuaian Diri Santri PutriTerhadap Kehidupan Pesantren:Studi Kualitatif pada Madrasah Takhasusiah Pondok PesantrenModern Islam Assalam Surakarta.Jurnal Psikologi Undip, 2, (1), 10-17 | in_ID |
dc.description.abstract | Siswa Pondok Pesantren memiliki tuntutan yang berbeda dengan anak diluar pondok.
Tuntutan yang diberikan cukup beragam, mulai dari tuntutan secara akademik, kegiatan agama
di luar kelas, interaksi dengan teman/lingkungan pondok selama kurang lebih 1 tahun, pada
peraturan pondok, serta kemandirian dalam kegiatan sehari-hari. Dengan demikian siswa
memerlukan kemampuan untuk mengatur dirinya sendiri agar dapat menyesuaikan diri selama
tinggal di pondok pesantren. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelatihan self
efikasi terhadap kemampuan penyesuaian diri pada siswa Pondok Pesantren.Subjek penelitian
ini adalah 9 siswa pondok pesantren Bahrul Ulum Kabupaten Klaten.Untuk mengetahui
apakah intervensi berhasil dalam meningkatkan penyesuaian diri pada kelompok subjek,
dilakukan pengukuran pre dan post test menggunakan skala penyesuaian diri. Bedasarkan
perhitungan dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test, didapatkan skor Z : 0.008 (<
0.05, signifikan). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan efikasi diri mampu
meningkatkan penyesuaian diri siswa pondok pesantren. | in_ID |