Kualitas Pelayanan Petugas Pengecekan Karcis di Stasiun
View/ Open
Date
2017-04-29Author
Ardiantama, Hafiz Bachtiar
Cahyani, Anik
Fitriyah, Isti Anahtul
Salmah, Maulida Aprilia
Widyanni’mah, Zulfani
Hidayah, Novi Trimahyatul
Metadata
Show full item recordAbstract
PT Kereta Api Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang
jasa dan berada di bawah naungan BUMN. Salah satu bagian penting dalam pelayanan calon
penumpang kereta api adalah pengecekan karcis karena terkait kepuasan penumpang. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas pelayanan petugas pengecekan
karcis di stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Penelitian kualitatif dengan studi kasus mengamati
dua orang petugas pengecekan karcis berdasarkan aspek pelayanan tangible, reliability,
responsiveness, assurance, emphaty yang dilakukan 6 observer. Jenis observasi adalah
observasi sistematik dan partisipasi sebagai pengamat. Metode pencatatan data adalah checlist
dengan teknik pencatatan narrative description untuk menggambarkan perilaku yang sesuai
lembar checklist. Keabsahan data dengan metode cek dan ricek antar observer (r = 0,742
dengan p<0,05). Analisis dilakukan secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
kualitas pelayanan petugas pengecekan karcis tergolong baik. Dari dimensi tangible, reliability,
responsiveness, assurance tergolong baik. Sementara itu, dimensi emphaty merupakan dimensi
yang masih perlu ditingkatkan,