Iklim Psikologis dan Kepercayaan Interpersonal: Pengaruhnya Bagi Perilaku Berbagi Pengetahuan Pada Dosen Perguruan Tinggi di Indonesia
Date
2017-04-29Author
Puspacarira, Ken Ardhacandra
Seniati, Ali Nina Liche
Metadata
Show full item recordAbstract
Kegiatan berbagi pengetahuan (knowledge sharing) merupakan bagian yang tidak
dapat dilepaskan dari profesi dosen dalam melaksanakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi
yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat.
Untuk menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi dosen dituntut untuk selalu terlibat dalam
proses sirkulasi informasi di dalam perguruan tinggi. Kegiatan berbagi pengetahuan yang
berkaitan dengan proses mendapatkan serta menerima informasi dan pengetahuan diperkirakan
dipengaruhi oleh persepsi dosen terhadap iklim psikologis dalam institusi perguruan tinggi
dimana dosen bekerja serta kepercayaan interpersonal yang dimiliki dosen terhadap organisasi
maupun orang lain yang terlibat dalam kegiatan berbagi pengetahuan. Semakin baik persepsi
dosen terhadap iklim psikologi dan semakin tinggi kepercayaan interpersonal dosen maka
akan semakin tinggi perilaku berbagi pengetahuan yang ditampilkan dosen. Hasil studi ini
didasarkan pada teori Hoff dan Weenen (2004) mengenai perilaku berbagi pengetahuan, teori
Brown dan Leigh (1996) tentang iklim psikologis, serta Dunn, Ruedy, dan Schwetzer (2012)
tentang kepercayaan interpersonal.