Pengaruh Keberadaan Warung Internet di Lingkungan SMA Negeri 2 Sukoharjo Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Perkembangan warung internet telah merambah seluruh lapisan, baik lapisan budaya,
sosial masyarakat hingga pendidikan. warnet sering diidentikkan sebagai suatu budaya populer
(populer culture) dan hiburan massa (mass entertainment). Keberadaan warnet sendiri sebagai
fasilitas pencarian informasi dan hiburan di dunia maya yang bahkan mampu menjadikan dunia
terasa tanpa batas akan mendorong suatu bentuk perubahan dalam berbagai aspek kehidupan
termasuk didalam dunia pendidikan, internet akan memberikan kemudahan dalam mengakses
berbagai data-data serta informasi yang mampu mempermudah dalam proses belajar mengajar
serta menjadi sebuah pelepas stress dengan berbagai hiburan didalamnya. Tujuan dari penelitian
ini adalah apakah ada pengaruh keberadaan warung internet di lingkungan SMA 2 Sukoharjo
terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi
Kuantitatif, yaitu dengan penggunaan data angket. Dalam penelitian ini yang menjadi unit
pengamatan adalah siswa-siswi di SMA 2 Sukoharjo yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian
ini menunjukkan adanya pengaruh warnet di lingkungan SMA Negeri 2 Sukoharjo terhadap
motivasi belajar siswa.