Identifikasi Jenis Layanan BK Dalam Upaya Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa
Abstract
Permasalahan kesehatan mental banyak terjadi pada anak-anak dan remaja.
Pada tahap ini anak dan remaja banyak menghabiskan waktu di sekolah sebagai
seorang siswa. Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling (BK)
untuk mencegah peningkatan permasalahan kesehatan mental dan membantu
siswa yang memiliki masalah kesehatan mental. Tujuan dari penelitian mixmethods
ekspalanatori
sekuensial
ini
untuk
mengidentifikasi
kesesuaian
antara
layanan
BK
yang
disediakan
sekolah
dengan
yang
dibutuhkan siswa. Data
kualitatif didapat dari guru BK dan Kepala Sekolah yang mengisiskan kuesioner
terbuka. Data kuantitatif diperoleh melalui pengisian Strengths and Difficulties
Questionnaire (SDQ) oleh 170 siswa. Data kualitatif dianalisis menggunakan
teknik deskriptif-naratif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan chi-square.
Hasil dari guru BK dan Kepala Sekolah menunjukan bahwa sekolah telah
menyediakan semua jenis layanan BK, layanan universal, targeted dan universal.
Namun, pihak sekolah belum menerapkan pengetahuan yang dimiliki kedalam
program-program layanan BK. Hal ini dibuktikan dari perolehan angka yang
menunjukan bahwa 61.67% siswa memiliki setidaknya satu permasalahan
kesehatan mental. Hasil dari SDQ menunjukan pada setiap aspeknya terdapat
lebih dari 10% siswa yang memiliki masalah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
program layanan BK yang disediakan belum sesuai dengan kebutuhan siswa.