Komunikasi Virtual Sebagai Moderator Hubungan Antara Efikasi Diri dan Perilaku Berbagi Pengetahuan Pada Dosen di Indonesia
View/ Open
Date
2017-04-29Author
Laksono, Tio Avi
Seniati, Ali Nina Liche
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam menjalankan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi (pendidikan dan
pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat), perilaku berbagi pengetahuan
(knowledge sharing) yang meliputi perilaku mengumpulkan pengetahuan (collecting) dan
perilaku menyebarkan pengetahuan (donating) merupakan kegiatan yang akan selalu dijalankan
oleh dosen. Pada banyak studi, perilaku berbagi pengetahuan terjadi karena adanya faktor
individu dan faktor organisasi. Kebanyakan penelitian mengenai perilaku berbagi pengetahuan
dan anteseden-anteseden yang mempengaruhinya dilakukan pada organisasi bisnis. Masih
sedikit penelitian mengenai hal tersebut dilakukan pada institusi pendidikan tinggi. Artikel
ini menganalisis faktor individu yaitu efikasi diri dan faktor organisasi yaitu pemanfaatan
komunikasi virtual dalam perguruan tinggi sebagai anteseden munculnya perilaku berbagi
pengetahuan pada dosen. Artikel ini mengambil 150 sampel dosen dari beberapa perguruan
tinggi negeri, swasta, kedinasan dan keagamaan daribeberapa kota di Indonesia. Hasil analisis
menemukan bahwa efikasi diri yang dimiliki dosen berpengaruh terhadap terbentuknya perilaku
berbagi pengetahuan. Selain itu juga ditemukan penggunaan komunikasi virtual memperkuat
hubungan antara efikasi diri dan perilaku berbagi pengetahuan pada diri dosen.