dc.identifier.citation | Pressman, Roger S. dan Maxim, Bruce R., (2015). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. Eighth Edition., Mc Graw Hill. Sharive. (2013). Yii Framework menguasai PHP terbaik, Yogyakarta: Lokomedia. Olson, Philip., (2007). PHP Manual. PHP Documentation Group. America Chonoles, M. J. & Schardt, J. A. (2003). UML 2 for dummies. New York : Wiley Publishing, Inc. Supriyanto, Bambang.(2016, April). Studi Luar Negeri, China Peringkat Tiga Tujuan Mahasiswa Asing. Diakses dari http://kabar24.bisnis.com/read/20160417/2 55/538754/studi-luar-negeri-chinaperingkat-tiga-tujuan-mahasiswa-asing. Diakses 20 april 2016. Nugraha, Radex.(2016). Sekilas tentang toefl cinahsk. http://www.kompasiana.com/radixnugraha/ sekilas-tentang-toefl-cinahsk_54f5e829a33311a1768b4607 diakses 19 April 2016 Darmanto, Yulius Hari, dan Budi Hermawan., (2016). Mobile Learning Application to Support Mandarin Language Learning for High School student. Imperial Journal of Interdiciplinary Research., Vo. 2, No. 4,. ISSN: 2454-1362, Diakses dari : http://www.onlinejournal.in, 3 Maret 2016. Hari, Yulius. Endang Lenny (2015). RancangBangunKamusPercakapanInterakti funtukPariwisatadalamBahasa Mandarinberbasis Mobile. JURNAL NASIONAL PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA (JANAPATI), 4(1), 7-14. The Mei Ling, Yulius Hari, dan Darmanto., (2016). Rancang Bangun Sistem Ujian BahasaMandarin untuk mendukung HSK., Jurnal tidak dipublikasikan UWIKA, 2016. HSK Practise Test. (2016). Diaksesdarihttp://www.chinesetest.cn/gosi mexam.do. Diakses pada 6 Juni 2016. HSK Preparation. (2016). Diaksesdarihttp://www.mandarinhouse.co m/hsk-chinese. Diakses pada 6 Juni 2016. | in_ID |
dc.description.abstract | Saat ini semakin banyak minat mahasiswa Indonesia melanjutkan studi lanjut di berbagai negara yang
menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa akademis. Namun demikian permasalahan kemampuan
bahasa dan persyaratan nilai lulus ujian Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) menjadi kendala calon mahasiswa
meraih kesempatan tersebut. Seiring kondisi tersebut, pemanfaatan teknologi informasidalam bidang
pengajaran semakin marak, sebagaimana aplikasi elearning bahasa Mandarin. Berkaitan dengan kendala
tersebut dan adanya kontribusi teknologi mobile, dilakukanpenelitian yang bertujuan untuk menghasilkan
model rancangan sistem manajemen konten sebagai media alternatif pembelajaran bahasa Mandarin yang
menunjang kebutuhan ujian standarisasi HSK. Model yang dirancang dikembangkan dalam aplikasi mobile
dengan Sistem Operasi Android. Diharapkan penerapan model aplikasi sistem ini dapat membantu calon
mahasiswa mengukur tingkat penguasaan materinya sebagai persiapan ujian HSK. Metode yang digunakan
untuk pengembangan sistem ini adalah waterfall dengan tahapan analisa kebutuhan, disain, implementasi dan
uji coba serta perawatanyang disokong dengan Yii framework. Berdasarkan pengujian terbatas, rata-rata
responden memberikan nilai cukup baik dari model aplikasinya. | in_ID |