Show simple item record

dc.contributor.authorDewi, Tiarasita Summa
dc.contributor.authorMaghfiroh, Hikmah Nur Indah Sari
dc.contributor.authorFitri, Nurani
dc.date.accessioned2017-11-01T02:32:11Z
dc.date.available2017-11-01T02:32:11Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citationDaryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera GOK, Tolga. 2011. The Effect of The Computer Simulation on Student’s Learning in Physics Education. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. Vol 2(2) :104-115. Indriyani, Lusi. 2016. Pengaruh Penggunaan Simulasi PhET dengan Model Problem Solving terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran tentang Hukum Boyle dan Gay Lussac di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prambanan dan SMA Negeri 2 Klaten. Skipsi. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Lubis, Fitri Mawaddah, dkk. 2014. “Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together)Menggunakan Media Simulasi Phet dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 12(1):31-40. Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Muhammad Erwin Dasa Yuafi. 2015. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran PhET (Physics Education Technology) Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Titl pada Standar Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik Di Smkn 7 Surabaya. Skripsi.Teknik , Universitas Negeri Surabaya. Surabaya. Prihatiningtyas, S., dkk. 2013. Implementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 2(1): 18-22. Retno Wuryaningsih. Penerapan Pembelajaran Fisika dengan Media Simulasi PhET pada Pokok Bahasan Gaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 6 Yogyakarta.Skripsi. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta Tim PhET, About PhET, https://phet.colorado.edu., diakses tanggal 15 Februari 2017in_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9368
dc.description.abstractArtikel ini menjelaskan bagaimana pembelajaran yang diajarkan dengan menggunakan media simulasi berbasis komputer yaitu PhET (Physics Education Technology) Simulation pada mata pelajaran Fisika. Fisika meliputi tiga karakteristik yaitu: pengetahuan, proses, dan sikap ilmiah. pengetahuan dalam fisika berupa produk (hasil) seperti konsep, prinsip, hukum dan teori sehingga perlu media untuk ketercapainya karakteristik tersebut. Simulasi dalam PhETbersifat interactivedan dikemas dalam bentuk seperti permainan sehingga mempermudah siswa dalam melakukan eksplorasi. PhET sudah terdapat lebih dari 50 simulasi materi pembelajaran yang bisa digunakan dalam berbagai pembelajaran, salahsatunya adalah materi Efek Fotolistrik kelas XII SMA. Materi Efek Fotolistrik tidak bisa dilakukan percobaan di laboratorium secara langsung, oleh karena itu dibutuhkan media simulasi virtual berbasis komputer yang mampu menanamkan konsep pada siswa dan siswa dapat berinteraksi langsung. Pembelajaran menggunakan simulasi PhET lebih produktif untuk mengembangkan pemahaman siswa secara konseptual.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.subjectPhETin_ID
dc.subjectmedia simulasi virtualin_ID
dc.subjectefek fotolistrikin_ID
dc.titlePembelajaran Menggunakan Animasi Komputer PHET (Physics Education Technology) Simulation pada Materi Efek Fotolistrikin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record