Show simple item record

dc.contributor.authorAgustina, Ria Rista
dc.date.accessioned2017-11-04T05:49:57Z
dc.date.available2017-11-04T05:49:57Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citationBSNP Indonesia.2009, Juni.Lampiran Permendikbud No. 22 Tahun 2016. Diakses dari http://bsnpindonesia.org/wpcontent/uploads/2009/06/Permendikbud_ Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf Nurohman, Sabar. 2009. Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method Bagi Siswa Calon Guru Fisika. http://staff.uny.ac.id Pardomuan. 2009. “Kurikulum 2013 dan Implementasinya Dalam Pembelajaran”. Jurnal Generasi Kampus. Volume.6, No. 2. Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya : Percetakan Insan Cendikia. Taher, M. 2014. Implementasi Model Pembelajaran yang Relevan dengan Pendekatan Ilmiah pada Kurikulum 2013.Medan : Balai diklat Keagamaan Medan. Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif.Jakarta : Kencana. Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : PT. Bumi Aksara.in_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9385
dc.description.abstractKurikulum 2013 yang sedang diimplementasikan di sekolah–sekolah menuntut agar dalam pembelajaran terjadi aktivitas aktif dimana nantinya siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang bersifat kontekstual dan nyata. Namun, permasalahan yang terjadi saat ini selama proses pembelajaran, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir, selain itu perubahan materi dalam pembelajaran yang semakin luas cakupannya, menyebabkan siswa hanya dituntut untuk menghafal tetapi tidak dituntut untuk memahami dan menghubungkan materi yang telah dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran model pembelajaran PjBL (Project Based Learning)dalam meningkatkan hasil belajar IPA khususnya dalam materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SMPIT AL HARAKI Depok tahun ajaran 2016/2017 dengan metode Penilitian Tindakan Kelas menggunakan desain penelitian adaptasi Model Hopkins. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 7 AN-NABA berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13siswa perempuan. Hasil pretest pada siklus I menunjukkan presentase siswa yang lulus KKM sebesar 29,63% (hanya 8 siswa lulus KKM), posttest pada siklus I menunjukkan presentase siswa yang telah lulus KKM sebesar 85,19% (23 siswa lulus KKM). Hasil pretest pada siklus II menunjukkan presentase siswa yang lulus KKM sebesar 59,26% (hanya 16 siswa lulus KKM), posttest pada siklus II menunjukkan presentase siswa yang lulus KKM sebesar 92,59% (25 siswa lulus KKM). Dari penilaian non tes berupa lembar observasi dan jurnal harian didapatkan hasil yang signifikan pada siklus II siswa sudah terlihat mulai berperan aktif dan bertanggung jawab terhadap project yang diberikan, pengetahuan siswa pun bertambah dengan pengalaman secara langsung mengamati lingkungan disekitar rumah yang sudah terkena dampak pencemaran lingkungan. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA khususnya materi biologi (pencemaran lingkungan) dengan menggunaan model pembelajaran Project Based Learning. Diharapkan dengan model pembelajaran Project Based Learning siswa lebih didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir serta memahami dan menghubungkan materi yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.subjectHasil Belajarin_ID
dc.subjectProject Based Learningin_ID
dc.subjectModel Pembelajaranin_ID
dc.subjectPencemaran Lingkunganin_ID
dc.subjectIPAin_ID
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (KHUSUSNYA MATERI BIOLOGI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL (PROJECT BASED LEARNING) DALAM MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN “CINTAI LINGKUNGAN, AKU SELAMATKAN DUNIA”in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record