dc.identifier.citation | Anonim ——— a . (2010).Bagaimana Merancang Lembar Kerja yang Baik?. tersedia: http://www.inovasipendidikan.net/btl/ BTL%203%20%20IND%20FINAL% 20%28Unit%202%20A%29.pdf, diakses tanggal 18 Desember 2013. b . (2010).Peranan Praktikum dalam Pembelajaran Biologi. Bandung: UPI. Hariyatmi, Astuti D.S., Rahmawati, I. (2010).Modul Praktikum Sistematika Hewan Vertebrata. Surakarta: Laboratorium Biologi. Hidayati, Hanifa, F., (2011). Keefektifan Pembelajaran dengan Metode Discovery Menggunakan Lembar Kegiatan Siswa dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Yogyakarta pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar.Skripsi. Yogyakarta: FMIPA Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta. Majid, A. (2013).Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Siregar, S. (2013).Metode Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Perbandingan perhitungan Manual & SPSS Edisi Pertama. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri. Starr, C., (2009).Biologi: Kesatuan dan Keragaman Makhluk Hidup Edisi 12 Buku 1. Terjemahan oleh Yenny Prasaja. 2012. Jakarta: Salemba Teknika. Sunandar. (2012).Analisis Efektifitas dan Efisiensi Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja pada Unit Pengelolaan Keuangan-Badan Keswadayaan Masyarakat (UPKBKM) Mandiri Sejahtera Kelurahan Panggung Kota Tegal, tersedia: http://www.poltektegal.ac.id/downloa d.php?fileid=19, diakses tanggal 21 Maret 2014. Suprijono, As. (2012).Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tim Penyusun a . (2011).Manual Prosedur Praktikum.Malang: Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. Wahyuni, N. (2012).Analisis Rasio untuk Mengukur Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Malang. tersedia: ejournal.uinmalang.ac.id/index.php/elmuhasaba/article/download/1879/pdf, diakses tanggal 21 Maret 2014. Ward, H. (2010).Pengajaran Sains Berdasarkan Cara Kerja Otak. Jakarta: PT INDEKS. Wirayati, S., (2008).Laporan Praktikum Pendidikan IPA Pengertian dan Perkembangan Pendidikan IPA di Tingkat SMP. tersedia: http://saniwira.files.wordpress.com/2 008/06/sani-bahn-pdf.pdf, diakses tanggal 21 November 2013. Yaumi, M. (2013).Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri. Yokhebad, Sudarisman, S., dan Sunarno, W., (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.Jurnal Inkuiri. 1 (3)2012: 183-194. | in_ID |
dc.description.abstract | Praktikum Sistematika Vertebrata (SV)merupakan salah satu praktikum yang ada di
Kurikulum Pendidikan Biologi. Mulai tahun akademik (TA) 2013/2014 ada perbedaan dari TA
2011/2012 dan 2012/2013 pelaksanaanya.. Pada pelaksanaan praktikum SHV TA 2011/2012 dan
2012/2013, pengamatan praktikum dipandu dengan buku kegiatan praktikum (Biologi UMS) yang
masih belum terdapat panduannya, sedangkan pelaksanaan praktikum SV TA 2013/2014, pengamatan
praktikum dipandu dengan Lembar Kerja Mahasiswa (Biologi UMS) yang sudah terdapat
panduannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji rasio
efektivitas untuk mengetahui seberapa besar tingkat persentase sasaran yang dicapai atas target yang
telah ditetapkan dalam pelaksanaan praktikum SV TA 2011/2012, 2012/2013 dan 2013/2014. Untuk
mengetahui perbedaan antara ketiga sampel digunakan uji Kruskal-Wallis (non-parametrik),
sedangkan untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara pelaksanaan praktikum SV TA 2011/2012,
2012/2013 dan 2013/2014 digunakan uji lanjut Mann-Whitney. Sumber data dalam penelitian ini
diperoleh melalui teknik dokumentasi dengan mengumpulkan data pada masing-masing tahun
akademik. Hasil uji rasio efektivitas TA 2011/2012 (125.62%), TA 2012/2013 (145.06%) dan TA
2013/2014 (151.04%). Suatu kegiatan dikatakan efektif apabila rasio efektivitas mencapai seratus
persen atau diatas seratus persen. Hasil dari uji Mann-Whitney perbandingan antara TA 2011/2012
dengan 2012/2013, 2011/2012 dengan 2013/2014 dan 2012/2013 dengan 2013/2014, memiliki nilai
probabilitas yang sama, yaitu 0.000 < 0.05, maka H
ditolak artinya terdapat perbedaan yang
signifikan antara pelaksanaan praktikum SV di Laboratorium Biologi UMS pada TA 2011/2012,
2012/2013 dan 2013/2014 ditinjau dari penggunaan LKM. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa, pelaksanaan praktikum Sistematika Vertebrata di laboratorium biologi UMS dari ketiga tahun
akademik yaitu 2011/2012, 2012/2013 dan 2013/2014 sudah efektif, dan yang paling efektif adalah
pada TA 2013/2014. | in_ID |