PROFIL PEDAGOGICAL KNOWLEDGE GURU IPA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SE-KOTA SURAKARTA
Abstract
Guru merupakan komponen system pendidikan yang berperan sebagai pengendali keberhasilan suatu
program pendidikan. Kinerja guru diyakini sebagai faktor yang paling penting dalam tercapainya
pembelajaran yang berkualitas.Tiga pilar utama yang dijadikan sebagai dasar pengetahuan seorang guru yaitu
Content Knowledge (CK), Pedagogical Knowledge (PK), dan Pedagogical Content Knowledge (PCK).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil PK Guru IPA kelas VIII SMP Muhammadiyah Se-Kota
Surakarta dalam penyusunan RPP tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif karena mendeskripsikan profil PK guru dalam penyusunan RPP. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah delapan sekolah SMP Muhammadiyah Se-Kota Surakarta dengan sampel berupa RPP
buatan guru kelas VIII. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan
cara mengambil lima RPP buatan guru menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penggunaan model memperlihatkan hasil baik (74,37%), penggunaan metode memperlihatkan hasil
sangat baik (92,50%), penggunaan pendekatan memperlihatkan hasil tidak baik (29,37%), pengetahuan
media memperlihatkan hasil cukup (64,37%), dan pemilihan ranah evaluasi memperlihatkan hasil baik
(77,50%). Berdasarkanpenelitian yangtelahdilakukan dapat disimpulkan bahwa profil PK guru IPA kelas
VIII SMP Muhammadiyah Se-Kota Surakarta memperlihatkanhasilcukup baik (64,92%).