PROFIL KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU IPA SMP NEGERI SE-JATISRONO
Abstract
Guru sebagai figur sentral dalam proses pendidikan merupakan komponen utama yang menentukan
keberhasilan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan
PedagogicalContent Knowledge(PCK) Guru IPA SMP Negeri se-Jatisrono dalam menyusun RPP Tahun
Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian
ini menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 17 guru IPA di SMP Negeri seJatisrono
dengan sampel 15 guru IPA. Hasil identifikasi RPP menunjukkan bahwa sub aspek kesesuaian
strategi dengan jenjang peserta didik, sub aspek kesesuaian strategi dengan kondisi lingkungan sekolah dan
kesesuaian media dengan kondisi lingkungan sekolah termasuk sangat baik (100%), sedangkan sub aspek
kesesuaian materi dengan kurikulum termasuk cukup (46,7%). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan
diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan PCK guru IPA SMP Negeri se-Jatisrono termasuk sangat baik
(80,5%).