dc.contributor.author | Aisyah, Sarah Andriani | |
dc.date.accessioned | 2017-11-07T01:39:40Z | |
dc.date.available | 2017-11-07T01:39:40Z | |
dc.date.issued | 2017-05 | |
dc.identifier.citation | Margono, S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Dirjen PAUD. 2015. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD. Jakarta: Kemendikbud. Sujarwanto. 2005. Terapi Okupasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Sunaryo, Ilham dan Surtikanti. 2011. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Inklusif). Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2527-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9395 | |
dc.description.abstract | Anak cerebral palsy perlu diberi penanganan khusus sehingga hambatan perkembangan yang dialami
anak mampu diminimalisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan anak cerebral
palsy melalui permainan bowling. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2017 di PAUD Inklusi Saymara
Kartasura dengan subyek seorang anak cerebral palsy yang bernama Surya pada kelompok TK-LB.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model Miles and Huberman, yaitu dengan
melakukan reduksi data, penyajian data (data display), dan conclusion drawing. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Surya mengalami kesulitan dalam melempar benda terutama bola kearah sasaran
dan masih membutuhkan bantuan dari guru. Hal inilah yang menunjukan bahwa Surya mengalami
hambatan perkembangan motorik kasar, setelah mendapat terapi dengan permainan bowling, Surya
sudah dapat melempar bola kearah sasaran dengan merobohkan pin bowling dan Surya sudah mampu
melakukan aktivitasnya secara mandiri. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2 | in_ID |
dc.subject | cerebral palsy | in_ID |
dc.subject | permainan bowling | in_ID |
dc.title | PENANGANAN ANAK CEREBRAL PALSY MELALUI PERMAINAN BOWLING DI PAUD INKLUSI SAYMARA KARTASURA | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |