Show simple item record

dc.contributor.authorMaidona, Siti
dc.date.accessioned2017-11-07T01:44:07Z
dc.date.available2017-11-07T01:44:07Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citationFerdian,R.dkk. 2011. Pengaruh display terhadaptingkatpemahamanmahasiswa di dalamkelas. Proceeding 11 th National Conference of Indonesia Ergonomics Society 2011. Diaksesdarihttp://repository.widyatama.a c.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2 086/KIN.HC.072.....pdf?sequence=1 Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK itu mudah classroom action research. Jakarta.: BumiAksara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Standar Proses. Diaksesdari http://pgsd.uad.ac.id/wp content/uploads/lampiran-permendikbud no-103-tahun-2014.pdf/tanggal 1 Mei 2017 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses. Diaksesdarihttp://bsnp indonesia.org/wp content/uploads/2009/06/Permendikbud_ Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf/tan ggal 1 Mei 2017 Riyadi, M. 2012. Model pembelajaran group investigation. Diaksesdarihttp://www.kajianpustaka.co m/2012/10/model-pembelajaran-groupinvestigation.html/tanggal 1 Mei 2017 Sugiyono (2008). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabetain_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9396
dc.description.abstractBelajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang telah dianggap belajar sesuatu jika ia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Pada kurikulum 2013 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no 103 tahun 2014 pasal 2 disebutkan bahwa pembelajaran tingkat dasar dan menengah dilaksanakan berbasis aktivitas dengan karakteristik antara lain interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Selainitu kontekstual, memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian peserta didiksertasesuai dengan minat, bakat, kemampuan, dan perkembangan psikologis peserta didik.Maka diperlukan suatu strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik tersebut.Tujuanpembuatannaskahinovasipembelajaranini adalah untuk mencari strategi dalam pembelajaran IPA dengan materi fotosintesis agar peserta didik lebih mengerti dan memahami materi yang dipelajari. Selainitujuga memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah praktis dan pengembangan keprofesionalan pendidik sebagai agen pembelajaran. Group Investigation adalah model metode pembelajaran kooperatif yang paling kompleks. Hal ini disebabkan oleh metode ini memadukan beberapa landasan pemikiran, yaitu berdasarkan pandangan konstruktivistik, democratic teaching, dan kelompok belajar kooperatif.Berdasarkan pandangan konstruktivistik, proses pembelajaran dengan model group investigation memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk terlibat secara langsung dan aktif dalam proses pembelajaran mulai dari perencanaan sampai cara mempelajari suatu topik melalui investigasi. Democratic teaching adalah proses pembelajaran yang dilandasi oleh nilai-nilai demokrasi, yaitu penghargaan terhadap kemampuan, menjunjung keadilan, menerapkan persamaan kesempatan, dan memperhatikan keberagaman peserta didik . Group investigation adalah kelompok kecil untuk menuntun dan mendorong siswa dalam keterlibatan belajar. Metode ini menuntut siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok (group process skills). Hasil akhir dari kelompok adalah sumbangan ide dari tiap anggota serta pembelajaran kelompok yang notabene lebih mengasah kemampuan intelektual siswa dibandingkan belajar secara individual yang kemudiandituangkandalambentuk display pembelajaranyang dibuatdaribahan-bahandaurulang yang mudahdidapat di sekitarkita.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.titlePEMBUATAN DISPLAY PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI PADA SISWA SMPIT AL HARAKIin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record