Show simple item record

dc.contributor.authorTania, Tantri
dc.contributor.authorAsngad, Aminah
dc.date.accessioned2017-11-07T01:57:48Z
dc.date.available2017-11-07T01:57:48Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citationAgustina, Putri; Saputra Alanindra. (2016). “Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMS Tahun Ajaran 2015/2016)”. Prosiding seminar nasional pendidikan sains (SNPS). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Colburn, Alan. (2000). How To Make Lab Activities More Open-Ended. www.exploratorium.edu/IFI/resource s/workshop/lab-activities.html. Online. Diakses Pada 29 Oktober 2016. Hamdiyati, Yanti; Kusnadi. (2007). “Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah Pada Mata Kuliah Mikrobiologi”. Jurnal Pengajaran MIPA Vol 10, No. 2. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi UPI. Dimyati; Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Semiawan, Cony. (1992). Pendekatan Keterampilan Proses : Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Penerbit Grasindo.in_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9397
dc.description.abstractMata kuliah Fisiologi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi FKIP UMS, berbobot 3 sks dengan praktikum. Mata praktikum ini memuat keterampilan-keterampilan praktikum yang harus dimiliki mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan KPS mahasiswa semester IV Pendidikan Biologi FKIP UMS. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2017. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester IV prodi P. Biologi FKIP UMS tahun akademik 2016/2017 yang menempuh mata praktikum fispertumb. Data berupa nilai KPS, nilai pretest, dan nilai laporan yang diperoleh dari praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh keterampilan proses sains terhadap hasil belajar mahasiswa P. Biologi FKIP UMS. Ditinjau dari rata-rata tiap aspek KPS dengan rata-rata maks yaitu 552. Diperoleh aspek observasi 541, aspek menggunakan alat dan bahan 545,5, aspek interpretasi data 465, dan aspek komunikasi secara tertulis 455,5. Hasil penguasaan KPS paling tinggi yaitu pada aspek menggunakan alat dan bahan, serta penguasaan KPS paling rendah itu pada aspek komunikasi secara tertulis.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.subjectketerampilan proses sainsin_ID
dc.titleANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA PRAKTIKUM FISIOLOGI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN TAHUN AKADEMIK 2016/2017in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record