dc.contributor.author | Tania, Tantri | |
dc.contributor.author | Asngad, Aminah | |
dc.date.accessioned | 2017-11-07T01:57:48Z | |
dc.date.available | 2017-11-07T01:57:48Z | |
dc.date.issued | 2017-05 | |
dc.identifier.citation | Agustina, Putri; Saputra Alanindra. (2016). “Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMS Tahun Ajaran 2015/2016)”. Prosiding seminar nasional pendidikan sains (SNPS). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Colburn, Alan. (2000). How To Make Lab Activities More Open-Ended. www.exploratorium.edu/IFI/resource s/workshop/lab-activities.html. Online. Diakses Pada 29 Oktober 2016. Hamdiyati, Yanti; Kusnadi. (2007). “Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah Pada Mata Kuliah Mikrobiologi”. Jurnal Pengajaran MIPA Vol 10, No. 2. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi UPI. Dimyati; Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Semiawan, Cony. (1992). Pendekatan Keterampilan Proses : Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Penerbit Grasindo. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2527-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9397 | |
dc.description.abstract | Mata kuliah Fisiologi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa jurusan
Pendidikan Biologi FKIP UMS, berbobot 3 sks dengan praktikum. Mata praktikum ini memuat keterampilan-keterampilan
praktikum yang harus dimiliki mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan KPS mahasiswa
semester IV Pendidikan Biologi FKIP UMS. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang dilaksanakan pada bulan
Februari sampai Maret 2017. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester IV prodi P. Biologi FKIP UMS tahun akademik
2016/2017 yang menempuh mata praktikum fispertumb. Data berupa nilai KPS, nilai pretest, dan nilai laporan yang
diperoleh dari praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh keterampilan proses sains terhadap hasil
belajar mahasiswa P. Biologi FKIP UMS. Ditinjau dari rata-rata tiap aspek KPS dengan rata-rata maks yaitu 552. Diperoleh
aspek observasi 541, aspek menggunakan alat dan bahan 545,5, aspek interpretasi data 465, dan aspek komunikasi secara
tertulis 455,5. Hasil penguasaan KPS paling tinggi yaitu pada aspek menggunakan alat dan bahan, serta penguasaan KPS
paling rendah itu pada aspek komunikasi secara tertulis. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2 | in_ID |
dc.subject | keterampilan proses sains | in_ID |
dc.title | ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA PRAKTIKUM FISIOLOGI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN TAHUN AKADEMIK 2016/2017 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |