PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS ICE BREAKER PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB C YPAC SEMARANG
Date
2017-05Author
Styani, Wahyu Agus
Yusuf, Munawir
Fadhilah, Siti S.
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kegiatan perencanaan danpelaksanaan pembelajaran
dengan pendekatan saintifik, dan penggunaan Ice Breaker dalam pembelajaran IPA.Subjek penelitian ini
adalah guru dan siswa kelas V SLB YPAC C Semarang. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah: 1) wawancara mendalam, 2) pengamatan terlibat, 3) dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan perencanaan pembelajaran meliputi: 1)silabus dan RPP IPA yang disesuaikan
materi ajar yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari, pelaksanaan pembelajaran mengacu pada 5 M
(M1= mengamati, M2= menanya, M3= mencoba, M4= menalar, M5= mengomunikasi). 2)PenggunaanIce
Breakeroleh guru dilakukan secara spontan, di awal kegiatan pembelajaran, di inti kegiatan pembelajaran,
serta pemberian Ice breaker di akhir kegiatan pembelajaran. 3) Jenis kegiatan ice breaker yang diterapkan
oleh jenis ice breaker berupa tepuk tangan, lagu, gerak badan dan games untuk memecahkan kejenuhan di
kelas.