Analisis Butir Soal Oleh Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Berdasarkan Pisa dan Taksonomi Bloom Revisi
View/ Open
Date
2017-08-03Author
Pantiwati, Yuni
Permana, Fendy Hardian
Metadata
Show full item recordAbstract
Generasi muda merupakan ujung tombak yang dimiliki Indonesia dalam menghadapi globalisasi. Generasi muda harus memiliki sumber daya yang baik dengan memiliki keterampilan high order
thinking. Keterampilan ini dapat dilatih oleh pendidik/calon pendidik melalui butir soal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal oleh mahasiswa S1 Pendidikan
Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bagi siswa Sekolah Menengah Pertama
(SMP) Kabupaten Malang berdasarkan PISA dan Taksonomi Bloom yang telah direvisi. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Prosedur penelitian ini adalah: 1) mengumpulkan soal
yang dibuat oleh mahasiswa S1 Pendidikan Biologi kelas 4A angkatan 2016/2017;2)
menganalisis kesesuaian butir soal buatan mahasiswa dengan aspek level PISA dan Taksonomi
Bloom yang telah direvisi. Sampel penelitian ini adalah seluruh soal buatan mahasiswa S1
Pendidikan Biologi UMM kelas 4A angkatan 2016/2017. Hasil penelitian menjelaskan bahwa
butir soal yang telah dibuat oleh mahasiswa terdapat pada ranah C1 dan C2 berdasarkan
Taksonomi Bloom yang telah direvisi. Berdasarkan PISA, butir soal tersebut dominan pada level
1b, 1a, dan 2. Berdasarkan hal tersebut, dapat disarankan perlu dilakukan penelitian lanjutan
dalam skala yang lebih luas dan model pembelajaran memungkinkan untuk mengatasi
permasalahan siswa di kelas.