• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pembelajaran Strategi Menulis Terbimbing (SMT)

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.002Mb)
    Date
    2017-08
    Author
    Kusniarti, Tuti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran apresiasi sastra dalam tataran praktis di SMA kurang mendapatkan perhatian dan terkesan tidak terlalu penting. Jika diamati, terdapat beberapa aspek yang menjadi kendala dalam mengembangkan pembelajaran apresiasi sastra. Aspek pertama terkait dengan masalah kebijakan yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan dalam mengembangan pembelajaran apresiasi sastra khususnya dalam kegiatan menulis sastra. Aspek yang kedua, keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran sastra. Oleh karena keterbatasan tersebut, maka pembelajaran apresiasi sastra tidak menjadi sesuatu yang harus ada dalam proses belajar mengajar bahasa dan sastra khususnya pembelajaran menulis naskah drama. Aspek lain yang juga menjadi kendala adalah keterbatasan bahan bacaan guru dan minimnya publikasi sastra, serta alokasi jam pelajaran. Dalam upaya meningkatkan pembelajaran apresiasi sastra, guru yang kreatif pada akhirnya menjadi prasyarat yang tidak dapat ditawar-tawar. Kreativitas guru dipertaruh-kan untuk menghadapi tantangan memasuki abad pengetahuan, di mana guru harus mampu meningkatkan pembelajaran apresiasi sastra di tengah iklim yang tidak meng-untungkan dan penuh keterbatasan. Makalah ini mencoba menguraikan tentang: (1) mengembangkan kebutuhan siswa akan pembelajaran yang berkaitan dengan menulis sastra, (2) bagaimanakan model ini dikembangkan sebagai upaya meningkatkan kemampuan bersastra siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9551
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV