Pengembangan Model Asesmen Literasi Sains Berbasis Konteks Bagi Siswa Sekolah Dasar
View/ Open
Date
2017-08Author
Windyariani, Sistiana
Setiono, Setiono
Sutisnawati, Astri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model asesmen literasi sains berbasis konteks di Sekolah Dasar.
Metode penelitian ini merupakan penelitian R & D (Penelitian dan Pengembangan) yang meliputi tiga tahap
penelitian yaitu: 1) Studi Pendahuluan, 2) Pengembangan instrumen, dan 3) Uji coba instrumen.Studi
pendahuluan dilakukan dengan studi kurikulum IPA di SD dan survey lapangan terhadap guru-guru kelas 4 dan
5 SD di kota sukabumi. Pengembangan model asesmen literasi sains dilakukan dengan menggunakan kerangka
PISA (Program for International Student Asessment) yang selanjutnya divalidasi oleh expert judgement
kemudian selanjutnya melalui serangkaian uji coba terbatas dan uji coba lebih luas asesmen di 3 Sekolah di Kota
Sukabumi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah, telah dihasilkan 4 asesmen literasi sains dengan
konteks aplikasi sains yang diangkat dari kehidupan sehari-hari, yakni: a) Kemanakah Perginya Capung?, b)
Mengapa Hewan Berbeda dari Tumbuhan, c) Mengapa Hujan Turun?, dan e) Mengapa gigi kita bisa sakit?.
Diperoleh juga hasil penelitian berdasarkan wawancara pada guru yakni, diperoleh respon yang cukup baik
terhadap model asesmen dan guru memiliki minat yang cukup tinggi dalam menerapkan model asesmen literasi
sains yang dikembangkan.