dc.contributor.author | Handaka, Irvan Budhi | |
dc.date.accessioned | 2018-02-02T02:14:28Z | |
dc.date.available | 2018-02-02T02:14:28Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.citation | Agus Supriyanto, M. Pd, and Irvan Budhi Handaka. 2016. "Profesionalisme Konselor: Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Di Sekolah." Prosiding Seminar Nasional" Membangun Karakter untuk Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa". Unesa University Press, 2016. Badrujaman, A. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Cobia. D.C. 2003. Handbook of school Counseling. New jersey: Pearson education. Dahir & Stone. 2011. School Counselor Accountability: A MEASURE of Student Succes. New Jearsey : Pearson. Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Handaka, Irvan Budhi. 2015. "STUDI DESKRIPTIF TENTANG MODEL EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI DI KABUPATEN BANTUL." JURNAL KONSELING GUSJIGANG 1.2, 2015. Handaka, Irvan Budhi, and Cecep Maulana. 2017. "PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI NASIONAL." Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Konseling. Vol. 1. No. 1. 2017. Irvan, Budhi Handaka. "Guidance and counseling service to improve gold generation." Nurihsan, A.J. & Sudianto, A. 2005. Manajemen Bimbingan & Konseling di SMA Kurikulum 2004. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pilgreen, J. L. 2000. The SSR Handbook: How to Organize and Manage a Sustained Silent Reading Program. Portsmouth, NH: Heinemann Boynton/Cook Publishers. Suherman. 2008. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Pendidikan Indonesia Suherman, Uman. 2015. Implementasi Bimbingan dan Konseling dalam Permendikbud 111 Tahun 2014. Disampaikan dalam Forum Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah (IBKS) Tahun 2015. Sukardi, D. K., & Kusuma, N. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Supriatna, M. 2011. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi: Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Unesco. 2012. Literacy for Life. Education for All Global Monitoring Report. Winkel, W.S. & Hastuti, M.M.S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-102-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9572 | |
dc.description.abstract | Pengembangan evaluasi layanan bimbingan dan konseling, telah menjadi kebutuhan dalam
pengembangan layanan bimbingan dan konseling di dunia. Kebutuhan panduan evaluasi yang efektif
semakin dibutuhkan bagi pengembangan profesionalitas konselor. Mengingat harapan untuk
memenuhi kebutuhan tersebut, perlu dikembangkan alat evaluasi sehingga menghasilkan instrumen
model evaluasi yang efektif dan efisien untuk mendukung akuntabilitas layanan bimbingan dan
konseling. Selain mendukung akuntabilitas layanan, adalah untuk membangun kompetensi konselor
yang sesuai dengan Standar Kompetensi Konselor Indonesia. Konselor memiliki peran besar dalam
pendidikan, karena sebagai fasilitator bagi pertumbuhan dan perkembangan siswa dalam rangka
mencapai tujuan pendidikan. Adapun model evaluasi program bimbingan dan konseling
komprehensif dengan enam aspek yaitu (a) misi, (b) elemen, (c) analisa, (d) dukungan pihak
sekolah, (e) hasil, (f) mendidik. Model evaluasi program dikembangkan berdasarkan deskripsi
dan analisis visibilitas implementasi evaluasi program bimbingan dan konseling komprehensif
yang dibutuhkan. Diharapkan dengan model evaluasi, peningkatan kompetensi profesional menjadi
harapan nyata bagi profesi konselor. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | in_ID |
dc.subject | model evaluasi layanan | in_ID |
dc.subject | kompetensi profesional konselor | in_ID |
dc.title | Pengembangan Model Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Profesionalisme Konselor | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |