Ethno-Education: Pendidikan Dalam Perspektif Budaya Dalam Rangka Penguatan Pendidikan Karakter Para Calon Guru di PGSD FKIP UMM
dc.contributor.author | Anshory, Ichsan | |
dc.contributor.author | Ekowati, Dyah Worowirastri | |
dc.contributor.author | Yayuk, Erna | |
dc.date.accessioned | 2018-02-02T06:29:59Z | |
dc.date.available | 2018-02-02T06:29:59Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.citation | Abdullah, A. 2010. Pendidikan Karakter: Mengasah Kepekaan Hati Nurani. Disampaikan pada acara Sarasehan Nasional Pendidikan Karakter Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Hotel Santika, Yogyakarta, 15 April 2010. Gerakan PenguatanPendidikanKarakter. 2017. Kemendikbud RI diakses di www.cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id pada tanggal 26 Juli 2017 Hudha, A. M., Ekowati, D. W. & Husamah. 2013. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Mipa Melalui Konsep Integratif sebagai Upaya Penguatan Jatidiri Siswa di SMP Muhammadiyah Se-Malang. Laporan Kemajuan PHB. Malang: DPPM UMM. Kemendikbud RI. 2017. Modul Penguatan Pendidikan Karakter bagi Guru. Kemendikbud: Jakarta Kemendikbud RI. 2017. Modul Penguatan Pendidikan Karakter bagi Kepala Sekolah. Kemendikbud: Jakarta Kemendikbud RI. 2017. Modul Penguatan Pendidikan Karakter bagi Pengawas. Kemendikbud: Jakarta Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2009. Revitalisasi Visi dan Karakter Bangsa. Yogyakarta: PP Muhammadiyah. Sauri, S. 2010. Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai. Makalah Sarasehan Nasional “Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa” oleh Kopertis Wilayah 3 DKI Jakarta, 12 Januari 2010. Sirajuddin, N. 2010. Mereorientasi Pendidikan Karakter Indonesia. Harian Fajar Metro Edisi Rabu, 05 Mei 2010. Tryanasari, D. 2012. “Pembentukan Karakter Positif Siswa melalui Pembinaan Karakter Guru”. Makalah. Madiun: IKIP PGRI Madiun. Williams, M. 2000. “Models of Character Education: Perspectives and Developmental Issues”. Journal of Humanistic Counseling, Education and Development, 39, pp. 32-40. Williams, M., & Schnaps, E. (Eds.) 1999. Character Education: The foundation for teacher Education. Washington, DC: Character Education Partnership. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-102-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9575 | |
dc.description.abstract | Pendidikan merupakan suatu sistem untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek kehidupan dan sekaligus sebagai upaya pewarisan nilai-nilai budaya bagi kehidupan manusia. Pewarisan nilai-nilai budaya secara tidak langsung merupakan tahapan pembentukan karakter generasi bangsa. Oleh karenanya, pendidikan berperan strategis dalam pengembangan budaya dan karakter generasi bangsa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai salah satu anak bungsu di LPTK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang memiliki sikap proaktif dalam rangka pengembangan budaya dan penguatan pendidikan karakter.Hal ini dilakukan karena mahasiswa PGSD FKIP UMM berasal dari seluruh wilayah nusantara. Oleh karenanya, pembelajaran yang dilakukan tidak dapat terpisah dengan peran budaya serta karakter masing-masing daerah para mahasiswa. Makalah ini akan menjabarkan bagaimana ethno-learning: pembelajaran dalam perspektif budaya dalam rangka penguatan pendidikan karakter para calon guru di Program Studi PGSD FKIP UMM. Serta dampaknyaterhadap peningkatan kualitas lulusan PGSD FKP UMM. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | in_ID |
dc.title | Ethno-Education: Pendidikan Dalam Perspektif Budaya Dalam Rangka Penguatan Pendidikan Karakter Para Calon Guru di PGSD FKIP UMM | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
Jati Diri LPTK PTM untuk Pendidikan yang Berkemajuan dan Menggembirakan