Karakterisik Pembelajaran Kooperatif
dc.contributor.author | Supendi, Deden Ahmad | |
dc.contributor.author | Saepuloh, Lutphi | |
dc.date.accessioned | 2018-02-03T05:12:09Z | |
dc.date.available | 2018-02-03T05:12:09Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.citation | Andayani. 2015. Problema dan Aksioma: Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa. Sleman: Penerbit Deepublish. Bashori, Khoiruddin, dkk. 2015. Pengembangan Kapasitas Guru. Jakarta: Pustaka Alvabet. Sulaiman, Esah. 2004. Pengenalan Pedagogi. Johor Darul Ta’zim: Penerbit Universiti Teknologi Malaysia. Gora, Winastwan dan Sunarto. 2010. Pakematik: Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Elex Media Komputindo. Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta. Parsons, Les. 2009. Bullied Teacher Bullied Student: Guru dan Siswa yang Terintimidasi Mengenali Budaya Kekerasan di Sekolah Anda dan Mengatasinya. Jakarta: Grasindo. Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulan. Jakarta: Gramedia Widiasarana. Rofa’ah. 2016. Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Deepublish. Saifuddin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran: Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublisher. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group. Solichah, Imroatus. 2014. Alat Peraga Untuk Pelajar Tunarungu: Penggunaan Bentuk Dua Dimensi Bangun Datar Pada Siswa Tunarungu. Magetan: Media guru. Sumar, Warni Tune dan Intan Abdul Razak. 2016. Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Sleman: Penerbit Deepublish. Wicaksono, Andri dan Ahmad Subhan Roza. 2016. Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-102-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9582 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang menekankan kepada aspek kerja sama dengan memperhatikan karakteristik individu dalam penggunaannya. Penggunaan pembelajaran kooperatif ini akan optimal apabila guru menggunakan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai. Namun hal yang seringterlewatkan adalah karakteristik pembelajaran kooperatif itu sendiri, di mana guru sudah melaksanakan langkahlangkah pembelajaran kooperatif yang sesuai, namun karakteristik pembelajaran kooperatif itu sendiri terlewatkan. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan karakteristik pembelajaran kooperatif dalam menerapkan model-model pembelajaran kooperatif. Hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan oleh guru dalam menggunakan model-model pembelajaran kooperatif dengan memperhatikan karakteristik umum yang seharusnya ada dalam penggunaan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif setidaknya memiliki tiga karakteristik umum, yakni 1) siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil; 2) setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab terhadap kelompoknya; dan 3) rekognisi tim. Karakteristik-karakteristik tersebut sering terlewatkan,sehingga ketika pembelajaran kooperatif berlangsung karakteristik-karakteristik tersebut tidak muncul dan pembelajaran kooperatif hanya memunculkan karakteristik lain yang seharusnya tidak muncul. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | in_ID |
dc.title | Karakterisik Pembelajaran Kooperatif | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
Jati Diri LPTK PTM untuk Pendidikan yang Berkemajuan dan Menggembirakan