dc.identifier.citation | -----, Pemendikbud RI No. 146 Tahun 2014 Abdurahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta Docket, Sue dan Maylyn Fleer, 2000. Play and Pedagogy in Early Chilhood–Bending the Rules. Sidney : Harcourt. Lerner, Janet W. 2000. Learning Disabilities : Theories, Diagnosis, and Teaching Strategis. Boston : Houghton Miffin Company Montgomery, Diane. 2007. Spelling, Handwriting and Dislexia. Britain, Green Gate Publishing. Purwadarminta. 1999, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Rahmawati, Yeni, dkk.2011. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak. Jakarta: Kencana Media Group. Sugiyono, 2013. Metode Penelitin Pendidika : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabet. Sujiono, Yuliani Nurani, 2009. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, PT Indeks. | in_ID |
dc.description.abstract | Menulis merupakan keterampilan yang bersifat mekanistis. Kemampuan menulis tidak mungkin dikuasai hanyamelalui teori saja, tetapi harus dilaksanakan melalui latihan dan praktik yang teratur sehingga menghasilkan tulisan
yang tersusun dengan baik. Menulis merupakan kegiatan kebahasaan yang memegang peran penting, dengan
menulis orang dapat melakukan komunikasi, mengemukakan gagasan baik dari dalam maupun luar dirinya, dan
mampu memperkaya pengalamannya. Masa anak-anak adalah masa bermain. Dilandasi rasa ingin tahu yang tinggpada diri setiap anak serta keaktifannya yang selalu ingin bergerak. Bermain eksplorasi merupakan kegiatan
bermain menjelajah lingkungan. Maka dengan bermain eksplorasi anak akan bisa berimajinasi, memanipulasdengan hal-hal yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain eksplorasterhadap kemampuan menulis (handwriting). Penelitian ini di lakukan di TK Dharma Wanita PersatuanGedangrowo Prambon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen jenis PreExperimental Design dengan desain OneGroup Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah sampel jenuh
yang terdiri dari 23 anak kelompok B. Hasil analisis data dengan menggunakan rerata N-Gain 0,73 yang berartadanya perbedaan yang tinggi antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan terhadap siswa TK Dharma WanitaPersatuan Gedangrowo Prambon. | in_ID |