dc.contributor.author | Setyadi, Yulianto Bambang | |
dc.contributor.author | Munawaroh, Siti | |
dc.date.accessioned | 2018-02-06T06:02:24Z | |
dc.date.available | 2018-02-06T06:02:24Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Caraswati, Santi. 2013. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar dengan Menggunakan Audiovisual Kombinasi Strategi Active Debate dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Warga Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013”. Laporan PTK. Surakarta: Prodi PPKn FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Goro, Winastwan dan Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Media Komputer. Haryono. 2009. Debat Aktif. (http://haryono10182.wordpress.com/tag/metode-debat/). Diakses Jum’at, 3 April 2015 pukul 19.10 WIB. Martini, Eny. 2010. “Upaya Meningkatkan Pembelajaran Berbicara Melalui Kolaborasi Model Active Debate dan Time Token: Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas X-A SMA Negeri 14 Bandung Tahun Ajaran 2009-2010”. Universitas Pendidikan Indonesia. (http://repository.upi.edu/ skripsiview.php?start=470). Diakses Minggu, 5 April 2015 pukul 20.00 WIB. Paskasari, Arista. 2013. “Paningkatan Motivasi Belajar melalui Penerapan Strategi Examples Non Examples Kolaborasi Active Debate dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIIIB madrasah Tsanawiyah Al-Firdaus Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013”. Laporan PTK. Surakarta: Prodi PPKn FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Rosdiani, Dini. 2013. Perencanaan dan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta. Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia. Setyadi, Yulianto Bambang dan Ahmad Muhibbin. 2011. Pedagogik Khusus Mata Pelajaran PKn dan IPS (Modul PLPG). Surakarta: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Muhammadiyah Surakarta Panitia Sertifikasi Guru Rayon 41. Triyani, Arifah Nur. 2009. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan dan Statistika di SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta Kelas IX C”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-102-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9587 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar melalui penerapan strategi Teams
Games Tournament kolaborasi Debat Aktif dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan pada siswa kelas X Seni Lukis SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran
2016/2017. Minat belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan sebelum diberikan tindakan masih tergolong rendah. Solusi yang ditawarkan
dalam penelitian ini adalah dengan penerapan strategi Teams Games Tournament kolaborasi
Debat Aktif. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X Seni Lukis SMK Negeri 9
Surakarta yang berjumlah 30 peserta didik. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing
terdapat
empat
tahap
yaitu
perencanaan,
pelaksanaan,
pengamatan,
dan
refleksi
dengan
menerapkan
analisis data model alir.
Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara,
dan
angket.
Indikator
kinerja
Penelitian
Tindakan
Kelas
ini
adalah
penerapan
strategi
Teams
Games Tournament
kolaborasi Debat
Aktif
diharapkan dapat
meningkatkan
minat
belajar
dalam
proses pembelajaran Pendidikan
Pancasila
dan
Kewarganegaraan
pada
siswa
kelas
X Seni
Lukis SMK Negeri
9 Surakarta minimal 80%
dari 30 peserta didik. Pencapaian
hasil
ini diperkuat dengan
perolehan indikator
minat
belajar siswa.
Indikator tersebut
yaitu
perasaan
senang, ketertarikan siswa,
perhatian siswa,
dan keterlibatan siswa.
Hasil penelitian
ini
menunjukkan bahwa sebelum diadakan tindakan,
peserta didik yang memiliki minat
belajar
tinggi
dalam
pembelajaran
Pendidikan
Pancasila
dan
Kewarganegaraan
hanya
13
anak
(43,33%).
Setelah
dilakukan
tindakan dengan
penerapan
strategi
Teams
Games Tournament
kolaborasi
Debat Aktif
pada Siklus I meningkat, menjadi 18 siswa (60%), lalu pada Siklus II
meningkat
lagi
menjadi
25
peserta didik
(83,33%).
Hal ini
menunjukkan
ketercapaian
indikator kinerja
yang ditetapkan pada awal kegiatan penelitian (80%). | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | in_ID |
dc.title | Peningkatan Minat Belajar Melalui Penerapan Strategi Teams Games Tournament Kolaborasi Debat Aktif Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |