Show simple item record

dc.contributor.authorSetyadi, Yulianto Bambang
dc.contributor.authorMunawaroh, Siti
dc.date.accessioned2018-02-06T06:02:24Z
dc.date.available2018-02-06T06:02:24Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Caraswati, Santi. 2013. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar dengan Menggunakan Audiovisual Kombinasi Strategi Active Debate dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Warga Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013”. Laporan PTK. Surakarta: Prodi PPKn FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Goro, Winastwan dan Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Media Komputer. Haryono. 2009. Debat Aktif. (http://haryono10182.wordpress.com/tag/metode-debat/). Diakses Jum’at, 3 April 2015 pukul 19.10 WIB. Martini, Eny. 2010. “Upaya Meningkatkan Pembelajaran Berbicara Melalui Kolaborasi Model Active Debate dan Time Token: Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas X-A SMA Negeri 14 Bandung Tahun Ajaran 2009-2010”. Universitas Pendidikan Indonesia. (http://repository.upi.edu/ skripsiview.php?start=470). Diakses Minggu, 5 April 2015 pukul 20.00 WIB. Paskasari, Arista. 2013. “Paningkatan Motivasi Belajar melalui Penerapan Strategi Examples Non Examples Kolaborasi Active Debate dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VIIIB madrasah Tsanawiyah Al-Firdaus Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013”. Laporan PTK. Surakarta: Prodi PPKn FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Rosdiani, Dini. 2013. Perencanaan dan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta. Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia. Setyadi, Yulianto Bambang dan Ahmad Muhibbin. 2011. Pedagogik Khusus Mata Pelajaran PKn dan IPS (Modul PLPG). Surakarta: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Muhammadiyah Surakarta Panitia Sertifikasi Guru Rayon 41. Triyani, Arifah Nur. 2009. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan dan Statistika di SMP Negeri 4 Depok Yogyakarta Kelas IX C”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9587
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar melalui penerapan strategi Teams Games Tournament kolaborasi Debat Aktif dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas X Seni Lukis SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Minat belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebelum diberikan tindakan masih tergolong rendah. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan strategi Teams Games Tournament kolaborasi Debat Aktif. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X Seni Lukis SMK Negeri 9 Surakarta yang berjumlah 30 peserta didik. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menerapkan analisis data model alir. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Indikator kinerja Penelitian Tindakan Kelas ini adalah penerapan strategi Teams Games Tournament kolaborasi Debat Aktif diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas X Seni Lukis SMK Negeri 9 Surakarta minimal 80% dari 30 peserta didik. Pencapaian hasil ini diperkuat dengan perolehan indikator minat belajar siswa. Indikator tersebut yaitu perasaan senang, ketertarikan siswa, perhatian siswa, dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diadakan tindakan, peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan hanya 13 anak (43,33%). Setelah dilakukan tindakan dengan penerapan strategi Teams Games Tournament kolaborasi Debat Aktif pada Siklus I meningkat, menjadi 18 siswa (60%), lalu pada Siklus II meningkat lagi menjadi 25 peserta didik (83,33%). Hal ini menunjukkan ketercapaian indikator kinerja yang ditetapkan pada awal kegiatan penelitian (80%).in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2in_ID
dc.titlePeningkatan Minat Belajar Melalui Penerapan Strategi Teams Games Tournament Kolaborasi Debat Aktif Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraanin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record