dc.contributor.author | Hidayati, Yulia Maftuhah | |
dc.date.accessioned | 2018-02-06T06:12:42Z | |
dc.date.available | 2018-02-06T06:12:42Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.citation | Aqib, Zainal. 2008. Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Yrama Widya. Dipl, Gerungan. 1987. Psikologi Sosial. Bandung: PT. Eresco. Lambertus. 2009. “Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dalam pembelajaran Matematika di SD” dalam Forum Kependidikan Volume 28 (No. 2), 136-142 Mason, J., Burton, L., & Stacey K. (1982). Thinking Mathematically. Wokingham, UK: Addison Wesley. Papalia, Diane E, dkk. 2009. Human Development: Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika. Sabri. 2009. Berpikir Matematis untuk Pemahaman pada Tingkat Kesadaran. Sarwono, Sarlito Wirawan. 2008. Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Senowarsito, Arisul Ulumuddin. ______. Implementasi Pendidikan Ramah Anak dalam Konteks Membangun Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri di Kota Semarang. Semarang: FPBS IKIP PGRI. Subagyo. 2013. “Aplikasi Pembelajaran Ramah Anak” dalam Prosiding Seminar Nasional 27 Agustus 2014. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-102-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9588 | |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh lingkungan psikososial yang
ramah anak terhadap berpikir matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian kajian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa berpikir matematis adalah suatu proses dinamis yang dapat memperluas cakupan dan
kedalaman pemahaman matematika, sehingga tingkat kerumitan proses berpikirnya lebih
tinggi. Adapun psikologi sosial adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku individu dalam
interaksi di lingkungan sosialnya. Siswa sekolah dasar dalam teori Piaget termasuk dalam
tahapan berpikir operasional konkret. Pada tahapan ini, siswa juga harus dilatih untuk berpikir
matematis agar mampu berpikir logis dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-
hari. Salah satu penunjang belajar anak adalah lingkungan sosial anak yang meliputi orang tua
dan teman sebaya. Siswa juga harus berada di lingkungan yang ramah anak. Dalam lingkungan
ramah anak, terdapat 3 (tiga) prinsip pembelajaran, yaitu provisi, proteksi, dan partisipasi.
Ketiga prinsip tersebut saling berkaitan. Lingkungan psikososial yang baik dan ramah anak
akan mempermudah anak berpikir matematis. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | in_ID |
dc.title | Berpikir Matematis di Lingkungan Psikososial yang Ramah Anak | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |