dc.identifier.citation | A. F. M. Ayub, “Teaching and Learning Calculus Using Computer”, Universidad Politécnica de Madrid, pp. 1-11, September 2015. A. Kilicman, M. A. Hassan, dan S. K. S. Husain, “Teaching and Learning using Mathematics Software ”The New Challenge””, Procedia Social and Behavioral Sciences, no. 8, pp. 613619, 2010. A. F. M. Ayub, M. Z. Mokhtar, W. S. Luan, dan R. A. Tarmizi, “A Comparison of Two Different Technologies Tools in Tutoring Calculus”, Procedia Social and Behavioral Sciences, no. 2, pp. 481-486, January 2010. C. Reddy, S. Ravi, and Giriraja C. V, “Baby Monitoring Through MATLAB Graphical User Interface”, International Journal Of Scientific & Technology Research, vol. 3, no. 7, pp. 174-177, July 2014. D. Ibrahim, “Engineering Simulation With MATLAB: Improving Teaching and Learning Effectiveness”, Procedia Computer Science, no. 3, pp. 853-858, 2011. L. Guangpu and G. Yuchun, “The Application of MATLAB in Communication Theory”, Procedia Engineering, no. 29, pp. 321-324, 2011. S. K. Sen dan G. A. Shaykhian, “MatLab Tutorial For Scientific and Engineering Computations International Federation of Nonlinear Analysts (IFNA); 2008 World Congress of Nonlinear Analysts (WCNA)”, Nonlinier Analysis, no. 71, pp. 105-120, 2009. S. Thiagarajan, D. S. Semmel and M. I. Semmel, Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook, .Washington, D. C: National Center for Improvement of Educational Systems DHEW/OE, pp. 6-9, 1974. Syaharuddin dan V. Mandailina, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SMP/MTs Berbasis Solutif”, Beta Journal, no. 2, July 2016. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuanuntuk mengembangkan aplikasi projectdalam pembelajaran Kalkulus
menggunakan GUI Matlab. Adapun cakupan hasil pengembangan meliputi (1) Pra Kalkulus,
(2) Limit Fungsi, (3) Turunan dan aplikasinya, dan (4) Integral dan aplikasinya. Setiap bidang
pengembangan disajikan sesuaistandar kompetensi materi, indikator pencapaian pembelajaran,
dan solusi atau langkah-langkah penyelesaian pada setiap persoalan yang disajikan.Aplikasi
project ini bisa digunakan oleh dosen dan mahasiswa di perguruan tinggi untuk meningkatkan
motivasi, penguasaan materi dan hasil belajar mahasiswa di mata kuliah Kalkulus.
Pengembangan software ini dilakukan melalui 4 tahap yang disebut 4-D yakni: Define, Design,
Develop, and Diseminate. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pada tahap validasi ahli
tingkat kevalidanrata-rata sebesar 3,575 yang berarti “cukup valid”.Kemudian pada uji coba
terbatas rata-rata mahasiswa memberikan respon sebesar 92,00%yang berarti “sangat baik”.
Sedangkan pada uji coba lapangan pertama rata-rata mahasiswa memberikan respon 89,3%
yang berarti “sangat baik”, dan pada uji coba lapangan kedua rata-rata mahasiswa memberikan
respon 90,15% yang berarti “sangat baik”. | in_ID |