dc.contributor.author | Sudiran, Sudiran | |
dc.date.accessioned | 2018-03-01T02:30:01Z | |
dc.date.available | 2018-03-01T02:30:01Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.citation | Bitner, Noel And Joe Bitner. (2002). Integrating Technology into the Classroom: Eight Keys to Success. Journal of Technology and Teacher Education (2002) 10(1), 95-100. Southeastern Louisiana University Hammond. Campbell, Anne, McNamara, Olwen and Gilroy, Peter. (2004). Practitioner Research and Professional Development in Education. London: Paul Chapman Publishing. Grey, D. (1999). The Internet in School. London and New York: Cassell. Jasmadi. (2004). Panduan Praktis Menggunakan Fasilitas Internet. Yogyakarta: C.V. Andi. Kutluca, Tamer. (2011). International Journal On New Trends In Education And Their Implications. “A Study On Computer Usage And Attitudes Toward Computers Of Prospective Preschool Teacher.” March 2011 Volume: 2 Issue:1 ISSN 1309-6249. Diyarbakir, TURKEY: Dicle University. Mali, Yustinus C.G. (2017). EFL Students’ experiences in Learning CALL through ProjectBased Instructions. Teflin Journal 28 (2) July 2017 ISSN 0215-773 X, P 170-192 Sudiran. (2011). A Model of The Use of Internet Media in Reading Comprehension. CELT: A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature. Vol. 11, No. 2, December 2011. Pp. 177 – 210. Sumintono, Bambang, Setiawan Agung Wibowo, Nora Mislan dan Dayang Hjh Tiawa. (2012). Jurnal Pengajaran MIPA. “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengajaran: Survei pada guru-guru Sains SMP di Indonesia.” Volume 17, Nomor 1, April 2012. Johor Bahru: Fakulti Pendidikan, Universiti Teknologi Malaysia. Taiwo, Sunday. 2009. Teachers’ Perception Of The Role Of Media In Classroom Teaching In Secondary Schools. The Turkish Online Journal of Educational Technology – TOJET January 2009 ISSN: 1303-6521 volume 8 Issue 1 Article 8 Tanti, Miriam. (2012). Teaching English With Technology Journal.” Literacy Education In The Digital Age: Using Blogging To Teach Writing.” Special Issue on LAMS and Learning Design, Vol.12 no.2, 132-146. Sydney: Australian Catholic University. Tung, Khoe Yao. (2000). Pendidikan dan Riset di Internet. Jakarta: Dinastindo. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-045-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9604 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan studi tentang internet sebagai media pendidikan dalam pembelajaran
bahasa Inggris di SMA. Hadirnya internet dalam dunia pendidikan membawa nuansa baru dalam
proses belajar mengajar. Ia tidak saja berfungsi sebagai sumber informasi, tetapi juga dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menemukan
tata langkah fungsi-fungsi dasar internet sebagai media pendidikan, 2) menghasilkan teknik dan
prosedur pemanfaatan internet, 3) mendapatkan rekapitulasi tantangan yang dihadapi guru dalam
memanfaatkan internet. Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif,
dengan ketentuan, (1) sasaran penelitian: guru-guru bahasa Inggris SMA Muhammadiyah yang
ada di Kepanjen dan Sumberpucung Kabupaten Malang, (2) metode pengumpulan data adalah
observasi dan interview, (3) analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik pengkodean
berbuka (open coding). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi internet sebagai media
pembelajaran bahasa Inggris di sekolah meliputi, (1) sarana akses sumber belajar (browsing dan
searching) (2) sarana pengiriman surat elektronik (e-mail), (3) sarana interaksi sosial jarak jauh
(facebook), dan (4) sarana berbagi ide dan pengalaman (blogging). Kedua, cara pemanfaatan internet sebagai media pendidikan di sekolah meliputi, (a) guru membuat persiapan tugas untuk
siswa, (b) guru menganalisis tugas berdasarkan tingkat kesulitannya, dan (c) guru mengarahkan
siswa menggunakan fasilitas internet di laboratorium TIK. Ketiga, tantangan yang dihadapi
guru dalam memanfaatkan internet meliputi antara lain, (1) terbatasnya multimedia di kelas, (2)
komputer di lababoratorium bahasa terkadang mengalami gangguan (error), (3) program yang
digunakan guru masih terbatas, (4) siswa merasa bosan karena terlalu sering menggunkan LCD,
dan (5) internet terkadang disalahgunakan sebagian siswa untuk mengakses situs tidak penting. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | in_ID |
dc.title | Analisis Fungsi Internet Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |