Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Sesuai Dengan Gaya Belajar Peserta Didik
Abstract
Peserta didik dapat dimungkinkan mempunyai maksud belajar yang berbeda, latar belakang
yang tidak sama, tingkat pengetahuan yang tidak sejajar, kompetensi yang bervariasi, serta
gaya belajar yang tidak serupa. Oleh karena itu sebuah sistem pembelajaran yang disesuaikan
dengan gaya belajar peserta didik sangat layak untuk diwujudkan sehingga para peserta didik
memperoleh materi dengan model penyajian yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan
kecocokannya dalam belajar. Sebuah sistem pembelajaran berbantuan teknologi komputer
perlu didesain untuk memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam membangun secara
aktif pengetahuan yang dimilikinya melalui suatu proses adaptif pengorganisasian pengalaman
belajar berbasis sistem realitas tertambahkan (Augmented Reality) disingkat AR dengan model
aplikasi web untuk menambah interaksi dengan lingkungannya. Metode penelitian menggunakan
Research & Development (R&D). Unjuk kerja sistem diujikan dengan menggunakan metode
pengujian black-box dan alpha-beta pada setiap modul sistem. Sementara itu metode tindakan
kelas (Class Action) dan survey digunakan untuk mengidentifikasi dampak langsung dari
media pembelajaran berbantuan teknologi AR ini terhadap peningkatan prestasi peserta didik.
Berdasarkan pada serangkaian analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi pada
pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik memberikan indikasi adanya peningkatan yang signifikan dalam penguasaan dan pemahaman materi belajar serta penguatan
pengalaman baik dalam lingkungan formal maupun non-formal.