Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Praktikum Anatomi Hewan Pendidikan Biologi FKIP UMS Tahun Akademik 2015/2016
Abstract
Pendekatan keterampilan proses merupakan pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi
pengembangan kompetensi ilmiah. Pendekatan ketrampilan proses dapat berwujud
praktikum. Pembelajaran praktikum Anatomi Hewan (AH) mengalami perubahan seiring
dengan diubahnya aturan dalam pelaksanaan praktikumnya. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan praktikum AH dan untuk mengetahui persepsi
mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran berupa Charta pada Tahun Akademik
(TA) 2015/2016. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap
perencanaan praktikum, sarana prasarana, sumber belajar, pelaksanaan kegiatan dan sistem
evaluasi setelah adanya tambahan penggunaan media pembelajaran berupa Charta. Penelitian
ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan terdiri dari data
primer dan data sekunder. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, angket
dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan praktikum sudah dalam
kategori baik, 2. Sarana dan prasarana termasuk alat dan bahan yang digunakan sudah lengkap
dan layak, 3. Sumber belajar yang digunakan sudah baik tapi lebih ideal kalau gambar berwarna
dan penggunaan charta sangat membantu meningkatkan pemahaman, 4. Pelaksanaan kegiatan
sudah baik, menarik, disiplin dan meningkatkan kerjasama, 5. Sistem evaluasi sudah dapat
mengukur kemampuan individu, tapi untuk soal pretes diberi nomor.