Evaluasi Implementasi Pendekatan Problem Based Learning Dalam Mata Kuliah Telaah Kurikulum Fisika Melalui Mixed Method
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menelaah implementasi pendekatan Problem Based
Learning (PBL) dalam pembelajaran. Karena sejauh ini pendekatan PBL masih sangat jarang
diimplementasikan pada proses pembelajaran di Kampus. Dosen banyak mengeluh akan
kurangnya pengetahuan pelaksanaan pendekatan PBL dan waktu yang disediakan masih relatif
sedikit tetapi materi yang di sajikan cukup banyak Desain penelitian yang dilakukan adalah
explanatory mixed-method analysis. Peneliti menggunakan jenis penelitian mixed methodology
research. Mixed Method adalah metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif
dalam hal metodologi (seperti dalam tahap pengumpulan data). Mixed Method juga disebut
sebagai sebuah metodologi yang memberikan asumsi filosofis dalam menunjukkan arah atau
memberi petunjuk cara pengumpulan data dan menganalisis data serta perpaduan pendekatan
kuantitatif dan kualitatif melalui beberapa fase proses penelitian. Dari penelitian yang dilakukan
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Pendekatan Problem Based Learning berhasil
dilakukan. Rata-rata penilaian pengimplementasian pendekatan PBLadalah 86,9% dengan
kategori mendekati setuju, yang artinya implementasi pendekatan problem based learning pada
proses pembelajaran oleh peneliti berhasil dilakukan.