Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Kalkulus: Mendukung Atau Sia-Sia?
View/ Open
Date
2017-08Author
Sari, Christina Kartika
Machromah, Isnaeni Umi
Safika, Kiki Nela Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan teknologi berimbas pada munculnya berbagai software matematika. Kondisi ini
memberikan peluang bagi berlangsungnya pembelajaran kalkulus berbasis teknologi informasi
dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan teknologi terhadap
pembelajaran kalkulus bagi calon guru matematika. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif.
Sasaran penelitian ini adalah 29 mahasiswa Pendidikan Matematika yang pernah menempuh
serangkaian mata kuliah kalkulus, yang memanfaatkan software matematika (seperti GeoGebra
atau Maple) dalam proses pembelajarannya. Seluruh responden dihadapkan pada angket
online melalui Google Forms. Dari 29 mahasiswa, 22 mahasiswa berpendapat bahwa software
matematika sangat bermanfaat dalam pembelajaran kalkulus, tiga mahasiwa merasa cukup
bermanfaat, dan empat mahasiswa kurang mendukung penggunaan software matematika dalam
pembelajaran kalkulus. Selanjutnya, dipilih empat mahasiswa dengan opini yang bervariasi
tersebut untuk diwawancara agar mendapatkan data yang lebih mendalam. Berdasarkan analisis
data, diperoleh hasil bahwa sotfware matematika dapat mendukung pembelajaran kalkulus
apabila dosen menggunakannya dengan tepat, terutama pada materi yang melibatkan visualisasi.
Pemanfaatan software matematika secara berlebihan dan mengesampingkan pengalaman
langsung dalam memahami konsep baru atau dalam memecahkan masalah matematika akan
menjadikan pembelajaran kalkulus kurang bermakna bagi mahasiswa.