Etnomatematika: Arsitektur Lumbung Padi “Leuit” di Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
View/ Open
Date
2017-08Author
Imswatama, Aritsya
Saprudin, S
Widyanto, Rohmat
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur matematis dalam arsitektur lumbung
padi “leuit” di kawasan geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi
selengkap mungkin mengenai unsur matematis yang terdapat dalam arsitektur lumbung padi
leuit. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan tentang kebudayaan dan
kearifan lokal yang dimiliki oleh siswa, sehingga perlu adanya integrasi antara pendidikan di
sekolah dengan kebudayaan. Salah satu integrasi antara kebudayaan dengan pendidikan adalah
mengaitkan materi dengan kebudayaan atau kearifan lokal yang ada. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokmentasi, kemudian
data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan reduksi data, sajian data, verifikasi dan
penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam arsitektur lumbung padi “leuit”
terdapat unsur matematis diantaranya adalah geometri, teselasi/pengubinan dan kesebangunan.
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai inovasi dan bahan pembelajaran matematika
di Sekolah Dasar, sehingga akan menambah pengetahuan siswa terkait dengan penerapan
matematika di kehidupan sehari-hari. Dengan etnomatematika diharapkan dapat menjadi
inovasi pembelajaran matematika di sekolah sehingga siswa akan lebih termotivasi dalm belajar
matematika.